Uli, Sondang Olivia Marta (2022) Pengaruh celebrity worship dan kontrol diri terhadap pembelian kompulsif pada penggemar k-pop dewasa awal / Sondang Olivia Marta Uli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari celebrity worship dan kontrol diri terhadap pembelian kompulsif pada penggemar K-Pop dewasa awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini ialah penggemar K-Pop yang pernah melakukan pembelian merchandise yang dikategorikan sebagai usia dewasa awal. Sampel merupakan penggemar K-pop dewasa awal dengan usia 20-25 tahun sebanyak 128 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu skala Celebrity Worship milik Lynn dan skala Pembelian Kompulsif milik Valance serta skala Kontrol Diri yang mengacu dari teori Averill. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan didapatkan hasil bahwa celebrity worship dan kontrol diri berpengaruh positif terhadap pembelian kompulsif. Pada uji pengaruh parsial didapatkan hasil bahwa celebrity worship berpengaruh positif terhadap pembelian kompulsif dengan signifikansi 0 000 lt 0 05 dan kontrol diri berpengaruh negatif terhadap pembelian kompulsif dengan nilai signifikansi 0 000 lt 0 05. Pada uji pengaruh simultan didapatkan hasil bahwa celebrity worship dan kontrol diri berpengaruh secara simultan terhadap pembelian kompulsif dengan signifikansi 0 000 lt 0 05. Nilai R Square sebesar 0 419 yang artinya variabel celebrity worship dan variabel kontrol diri memiliki pengaruh sebesar 41 9% terhadap variabel pembelian kompulsif. Saran dari hasil penelitian ini yaitu diharapkan dapat melengkapi kriteria dalam perilaku pembelian kompulsif serta pada saat nantinya ada konseling dengan seseorang yang memiliki perilaku pembalian kompulsif dapat melatih kontrol diri yang dimiliki orang tersebut. Penggemar K-Pop dewasa awal juga dapat lebih mengontrol perilaku celebrity worship yang dimiliki karena beberapa responden yang berada pada tiga jenis tingkatannya dengan cara hanya menonton atau mengikuti informasi terkait dengan idolanya tanpa melakukan pembelian kompulsif terhadap merchandise.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 04:29 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 01:01 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/265168 |
Actions (login required)
View Item |