Hubungan dukungan sosial dan sense of community pada anggota komunitas driver gojek di bangil / Robiatul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dukungan sosial dan sense of community pada anggota komunitas driver gojek di bangil / Robiatul Khasanah

Khasanah, Robiatul Khasanah (2022) Hubungan dukungan sosial dan sense of community pada anggota komunitas driver gojek di bangil / Robiatul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara dukungan dengan senseof community pada komunitas gojek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas gojek Bangildengan jumlah sampel sebanayak 66 orang dengan menggunakan teknik total sampling.Instrumen yang digunakan adalah kuisioner Brief Sense of community Scale (BSCS) adaptasimilik McMillan dkk. (2008) dengan jumlah item 8 butir validitas 0 681-0 909 serta reliabilitas0 941 dan skala Dukungan Sosial yang dikonstruksikan oleh peneliti yang mengacu padadimensi yang dikemukakan oleh Sarafino (2011) dengan jumlah item 19 butir validitas 0 317-0 852 serta reliabilitas 0 937 kuisioner ini merupakan skala likert dengan lima pilihanjawaban. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dengan menggunakan rumusRank spearman untuk menguji hipotesis. Hasil pada penelitian ini adalah terdapat hubunganyang signifikan pada dukungan sosial dengan sense of community dengan nilai r sebesar 0 302dan signifikansi sebesar 0 014. Lebih lanjut pada dimensi emotional support instrumentalsupport dan companionship support terdapat hubungan yang signifikan dengan sense ofcommunity dengan nilai signifikansi lt 0 05. Sedangkan pada dimensi information support tidakterdapat hubungan yang signifikan dengan sense of community karena nilai signifikansi gt 0 05.Untuk anggota komunitas lain diharapkan untuk memberikan dukungan sosial kepadasesama anggota agar dapat meningkatkan sense of community.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265167

Actions (login required)

View Item View Item