Perbandingan strategi gerilya antara indonesia dengan vietnam 1945-1971 / Nuril Ayni - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan strategi gerilya antara indonesia dengan vietnam 1945-1971 / Nuril Ayni

Ayni, Nuril (2022) Perbandingan strategi gerilya antara indonesia dengan vietnam 1945-1971 / Nuril Ayni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gerilya menjadi strategi militer yang digunakan oleh Indonesia dan Vietnam ketika memperjuangkan kemerdekaan. Perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia terjadi pada tahun 1945-1949 sedangkan perang Vietnam terjadi pada tahun 1959-1971. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk membandingkan perang gerilya yang di lakukan di Indonesia dan di Vietnam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu heuristik kritik interpretasi dan historiografi. Perang gerilya masa kemerdekaan Indonesia dilatarbelakangi oleh kembalinya pasukan Belanda bersama sekutu yang ingin kembali menguasai Indonesia sedangkan pada perang Vietnam dilatarbelakangi oleh ikut campur tangannya Amerika Serikat terhadap urusan dalam negeri Vietnam. Dalam penerapan strategi gerilya Indonesia dan Vietnam menggunakan model perang yang berbeda begitu pula kekuatan militer dan persenjataan. Namun perang yang dilakukan memiliki kemiripan yaitu perang semesta yang melibatkan rakyat. Dampak perang gerilya dalam bidang politik di Indonesia yaitu menambahnya semangat nasionalisme rakyat Indonesia dan juga dukungan internasional. Sedangkan di Vietnam dampak politik yang diterima berbanding terbalik banyak dari rakyat mereka ( Vietnam Selatan) yang justru pergi meninggalkan negaranya untuk mendapatkan kebebasan dan meluasnya dampak komunisme salah satunya pada Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265141

Actions (login required)

View Item View Item