Penerapan pembelajaran multi metode untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar IPA siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Malang / Muchamad Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran multi metode untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar IPA siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Malang / Muchamad Arif

Arif, Muchamad (2013) Penerapan pembelajaran multi metode untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar IPA siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Malang / Muchamad Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar multi metode sikap. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VII- E diketahui ada masalah yang menjadi penyebab rendahnya sikap belajar IPA sehingga berdampak pada hasil belajar. Masalah tersebut adalah siswa cenderung takut untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat sikap siswa masih banyak yang berbicara dengan temannya tidak memperhatikan penjelasan guru malas mencari jawaban. siswa kurang paham dengan materi pembelajaran. siswa merasa bosan dengan metode yang digunakan oleh guru. Untuk mengatasi keempat permasalahan tersebut salah satu solusi alternatif yang dipilih adalah dengan menerapkan multimetode dalam pembelajaran IPA di kelas VII-E SMPN 4 Malang.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan cara penerapan multimetode dan dampaknya yang diperkirakan dapat meningkatkan sikap dan hasil belajar pada siswa kelas VII-E SMPN 4 Malang serta mengetahui hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar pada siswa kelas VII-E SMPN 4 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelas 7-E SMP Negeri 4 Malang dengan jumlah 40 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data mengenai sikap belajar siswa digali dari sumber primer yang berupa sikap siswa dalam kelas yang berkaitan dengan pemberian tindakan selama proses belajar mengajar berlangsung. Sikap siswa tersebut meliputi aspek kemauan mengumpulkan dan menggunakan bukti kemauan untuk mengubah gagasan/ pendapat terkait dengan bukti dan kemauan mereview prosedur. Hasil belajar siswa berupa tes kognitif pada tiap akhir siklus tindakan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap belajar siswa dari pra tindakan dan setelah tindakan penerapan multi metode dilakukan dari siklus I sampai siklus II. Sikap belajar siswa pra tindakan sangat rendah setelah diberi tindakan pada siklus I rata rata sikap siswa 39. 82% dengan taraf keberhasilan rendah dan pada siklus II sikap siswa meningkat menjadi 51 54% dengan taraf keberhasilan cukup. Hasil belajar siswa untuk ranah kognitif juga mengalami peningkatan sebelum tindakan dan setelah tindakan dengan pembelajaran multi metode dari siklus I sampai siklus II. Rerata siklus I 72.67 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 55.8% siklus II rerata 82 68 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87 5%. Peningkatan antara sikap dan hasil belajar siswa tersebut juga dipengaruhi peran peneliti di dalam kelas saat melakasanakan multi metode. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara sikap belajar dan hasil belajar siswa kelas VII-E di SMP Negeri 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26514

Actions (login required)

View Item View Item