Pemetaan tingkat rawan longsor di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo / Aprilia Karlindasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan tingkat rawan longsor di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo / Aprilia Karlindasari

Karlindasari, Aprilia (2022) Pemetaan tingkat rawan longsor di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo / Aprilia Karlindasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus penelitian ini yaitu memetakan sebaran spasial tingkat kerawanan tanah longsor di Kecamatan Sukapura Kota Probolinggo dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan mengetahui faktor yang mempengaruhi terjadinya bencana tanah longsor. Metode Analisa data dilakukan skoring atau pengharkatan sesuai dengan klasifikasi masing ndash masing parameter. Selanjutnya pengolahan data menggunakan metode AHP untuk menentukan bobot tiap kriteria. Skor yang diperoleh dikelompokkan menjadi 4 kategori atau kelas kerawanan yaitu tidak rawan rawan agak rawan rawan dan sangat rawan. Kategori rawan longsor adalah yang paling dominan yaitu sebesar 6757 ha atau 57 8 dari luas wilayah Kecamatan Sukapura secara keseluruhan. Kategori rawan tersebar di beberapa daerah pada seluruh Desa di Kecamatan Sukapura. Kategori tidak rawan memiliki luasan sebesar 1166 2 ha atau 10% dari luas keseluruhan. Kategori agak rawan memiliki luasan sebesar 3152 2 ha atau 27 % dari luas keseluruhan. Sedangkan Kategori sangat rawan memiliki luasan sebesar 608 7 ha atau 5 2 % dari luas keseluruhan. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kerawanan longsor di Kecamatan Sukapura yaitu kemiringan lereng dengan bobot 31 %. Kemudian parameter penggunaan lahan dengan bobot 19% litologi sebesar 17 % sedangkan tekstur tanah dan geologi memiliki bobot prioritas sebesar 16% pada masing- masing parameter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265115

Actions (login required)

View Item View Item