Kajian sosial ekonomi terhadap pernikahan dini (studi kasus Kecamatan Pakong) / Nurul Aizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian sosial ekonomi terhadap pernikahan dini (studi kasus Kecamatan Pakong) / Nurul Aizah

Aizah, Nurul (2022) Kajian sosial ekonomi terhadap pernikahan dini (studi kasus Kecamatan Pakong) / Nurul Aizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pernikahan dini disebabkan oleh kondisi sosial ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi sosial ekonomi di Kecamatan Pakong dan Kaitannya dengan pernikahan dini. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dengan langkah pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial seperti pendidikan dan sosial budaya menjadi penyebab pernikahan dini. Masyarakat Kecamatan Pakong rata-rata hanya tamat pada sekolah jenjang SMA dan tidak menlanjutkan ke jenjang perkuliahan. Sosial budaya masyarakat setempat juga menjadi penyebab pernikahan dini dimana masyarakat beranggapan jika anak perempuan tidak menikah maka akan dianggap tidak laku dan menjadi aib bagi keluarganya. Masih melekatnya anggapan masyarakat tentang menolak lamaran pertama maka untuk selanjutnya akan sulit mendapatkan jodoh hingga saat ini masih dipercayai oleh masyarakat Madura khususnya juga Kecamatan Pakong. Dampak ekonomi di pernikahan dini cenderung positif dimana pelaku pernikahan dini beranggapan bahwa setelah menikah mereka tidak membebani orang tua lagi karena sudah di biayai oleh suami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265104

Actions (login required)

View Item View Item