Daya dukung kawasan dalam pengembangan wisata edukasi Gunung Kelud / Muhammad Fatkhul Najib - Repositori Universitas Negeri Malang

Daya dukung kawasan dalam pengembangan wisata edukasi Gunung Kelud / Muhammad Fatkhul Najib

Najib, Muhammad Fatkhul (2022) Daya dukung kawasan dalam pengembangan wisata edukasi Gunung Kelud / Muhammad Fatkhul Najib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gunung Kelud salah satu kawasan wisata paling populer yang berada di Kabupaten Kediri. Kawasan Gunung Kelud juga memiliki objek wisata dengan konsep pelesarian budaya serta pengenalan dan cara pemanfaatan tanaman-tanaman obat yakni objek Wisata Edukasi Hutan Obat Mbambingan. Sebagai Wisata berbasis alam dan budidaya pengelola Wisata Edukasi Hutan Obat Mbambingan menyelaraskan fungsinya menjadi objek wisata pendidikan dan konservasi pembatasan jumlah kunjungan wisatawan adalah kunci dari berwisata aman dan nyaman tanpa merusak lingkungan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui daya dukung kawasan dan langkah pengembangan wisata edukasi hutan obat Mbambingan untuk mendukung adanya aktivitas wisata tanpa merusak lingkungan sekitar area wisata. Tipe analisis yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis kuantitatif desktriptif dengan melakukan perhitungan Physical Carrying Capacity (PCC) untuk mengatahui daya tampung maksimal wisatawan dan real carrying capacity (RCC) untuk mengetahui batasan wisatawan yang aman bagi lingkungan. Berdasrkan hasil penelitian untuk Daya dukung kawasan memiliki nilai sebesar 3.846 yang artinya area wisata edukasi mbambingan secara fisik mampu menampung pengunjung sebanyak 3.846/hari. Daya Dukung riil terdapat 3 faktor koreksi dalam menentukan perhitungan nilainya antara lain 1) keragaman vegetasi 2) kelerengan lahan dan 3) curah hujan. Faktor keragaman vegetasi memiliki nilai 98 6% faktor kelerengan lahan memiliki nilai 55 65% dan faktor curah hujan memiliki nilai 40 39% berdasarkan hasil dari 3 faktor koreksi maka nilai Daya dukung riil memiliki nilai sebesar 15 yang berarti jumlah maksimum berdasarkan faktor koreksi yang dapat mempengaruhi kawasan dan kegiatan wisata yakni 15 kunjungan wisatawan perharinya. Hasil dari perhitungan daya dukung wisata menunjukkan persamaan PCC gt RCC yang berarti jumlah wisatawan tidak boleh melebihi batas maksimum nilai RCC dampak yang diakibatkan ketika melebihi batas maksimum akan mempengaruhi kelestarian lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 07:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265102

Actions (login required)

View Item View Item