Perbandingan potensi strategi pembelajaran reciprocal teaching dan cooperative script dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah / Shefa Dwijayanti Ramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan potensi strategi pembelajaran reciprocal teaching dan cooperative script dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah / Shefa Dwijayanti Ramadani

Ramadani, Shefa Dwijayanti (2013) Perbandingan potensi strategi pembelajaran reciprocal teaching dan cooperative script dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah / Shefa Dwijayanti Ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramadani Shefa Dwijayanti. 2013. Perbandingan Potensi Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Cooperative Script dalam Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Biologi dan Retensi pada Siswa Berkemampuan Akademik Rendah. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. A. Duran Corebima M.Pd. (2) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci reciprocal teaching cooperative script keterampilan metakognitif hasil belajar biologi retensi kemampuan akademik rendah. Adanya pola penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah termasuk di jenjang SMA yang telah menerapkan pola penerimaan siswa baru berbasis MPL UAN telah menyebabkan terjadinya polarisasi antara sekolah yang memiliki siswa dengan kemampuan akademik tinggi dan sekolah yang memiliki siswa dengan kemampuan akademi rendah. Akibatnya tidak sedikit siswa yang terpaksa harus menjalani pendidikan dan pembelajaran di sekolah-sekolah yang kurang bahkan tidak baik karena siswa tersebut tidak dapat diterima pada sekolah yang berkualifikasi baik. Selama keadaan ini terus berlanjut maka perlu dicari strategi pembelajaran yang berpotensi serta berpeluang lebih besar dalam menolong siswa berkemampuan akademik rendah di tengah-tengah kenyataan bahwa keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi mereka yang rendah serta di tengah kenyataan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan selama ini belum memperhatikan retensi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbandingan potensi strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dan Cooperative Script (CS) dalam memberdayakan keterampilan metakognitif hasil belajar biologi dan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah. Dengan demikian akan diketahui strategi mana diantara kedua strategi tersebut yang sebaiknya diterapkan dalam pembelajaran serta berpeluang besar dalam menolong siswa berkemampuan akademik rendah dalam memberdayakan keterampilan metakognitif hasil belajar biologi dan retensi belajarnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperiment melalui desain Nonequivalent Pretest-postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X di Malang yang memiliki kemampuan akademik rendah pada tahun ajaran 2012/2013 dan telah diuji kesetaraannya. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X-7 SMA Laboratorium UM yang diterapkan dengan strategi RT dan siswa kelas X-1 SMA Shalahuddin Malang yang diterapkan dengan strategi CS. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode random sampling yaitu dengan melakukan pengundian terhadap sejumlah SMA yang telah diuji kesetaraannya untuk diambil dua sekolah yang akan digunakan dalam penelitian. Data yang diperoleh kemudian diuji statistik dengan menggunakan Anakova. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran RT dan CS tidak berbeda secara signifikan dalam memberdayakan keterampilan metakonitif ii hasil belajar biologi dan retensi yang meliputi retensi keterampilan metakognitif dan retensi hasil belajar kognitif biologi. Berkenaan dengan hasil tersebut maka peneliti merekomendasikan bahwa baik strategi RT maupun CS sebaiknya digunakan selama pembelajaran di kelas untuk menolong siswa dengan kemampuan akademik rendah dalam memberdayakan keterampilan metakognitif hasil belajar biologi dan retensinya. Beberapa saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini yaitu (1) guru hendaknya meninggalkan pembelajaran konvensional dan mulai menerapkan strategi pembelajaran yang berpotensi besar dalam menolong siswa berkemampuan akademik rendah dalam memberdayakan keterampilan metakognitif hasil belajar biologi dan retensi belajarnya yaitu dengan menerapkan strategi RT dan CS (2) kepada guru-guru atau pun peneliti lainnya yang hendak menerapkan strategi RT agar lebih terampil dalam mengelola waktu pembelajaran. Sementara itu bagi guru atau penelti lain yang hendak menerapkan strategi CS hendaknya menempatkan siswa secara heterogen dalam kelompok sehingga manfaat yang diperoleh siswa optimal serta (3) sebaiknya penelitian yang sejenis perlu terus dikembangkan dengan kombinasi beberapa strategi pembelajaran yang lain pada jenjang pendidikan yang sama atau berbeda untuk mengetahui strategi pembelajaran yang betul-betul berpotensi besar dalam memberdayakan keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif biologi dan retensi siswa berkemampuan akademik rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26509

Actions (login required)

View Item View Item