Penerapan siklus belajar 4E dipadu dengan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Novi Ayu Lestari Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan siklus belajar 4E dipadu dengan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Novi Ayu Lestari Ningtyas

Ningtyas, Novi Ayu Lestari (2013) Penerapan siklus belajar 4E dipadu dengan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Novi Ayu Lestari Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Siklus belajar 4E pembelajaran inkuiri keterampilan proses sains hasil belajar kognitif. Hasil wawancara dengan guru biologi siswa serta hasil observasi secara langsung di kelas X-4 SMA Laboratorium UM ditemukan beberapa permasalahan di antaranya adalah metode pembelajaran biologi yang diterapkan cenderung teacher centeredyang jarang melibatkan siswa aktif di laboratorium. Hal ini mengakibatkan keterampilan proses sains siswa rendah dan 52 27% nilai ulangan tengah semester siswa di bawah KKM. Salah satu pembelajaran yang dianggap sesuai untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah siklus belajar 4E dipadu dengan pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari 2013 sampai bulan Februari 2013. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMA Laboratorium UM yang terdiri dari 44 siswa dengan jumlah siswa laki-laki adalah 10 dan siswa perempuan 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan siklus belajar 4E dipadu dengan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-4 SMA Laboratorium UM. Hal ini didasarkan pada meningkatnya setiap aspek keterampilan proses sains. Pencapaian aspek keterampilan menyusun hipotesis siklus I sebesar 57 33% dan meningkat pada siklus II menjadi 81 17%. Aspek keterampilan mengamati pada siklus I sebesar 84 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 89 50%. Keterampilan mengumpulkan dan mengolah data pada siklus I sebesar 75 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 89 17%. Keterampilan mengklasifikasikan meningkat dari siklus I sebesar 64 33% menjadi 94 00% pada siklus II. Keterampilan mengkomunikasikan pada siklus I sebesar 66 33% dan meningkat pada siklus II menjadi 83 50%. Keterampilan menyimpulkan mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 47 67% menjadi 76 50% pada siklus II. Keterampilan merancang eksperimen pada siklus I sebesar 59 67% dan meningkat pada siklus II menjadi 88 33%. Meningkatnya hasil belajar kognitif siswa didasarkan pada persentase siswa yang tuntas belajar kognitif dari siklus I sebesar 54 55% ke siklus II menjadi sebesar 86 36%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan maka saran dalam penelitian ini adalah siklus belajar 4E dipadu dengan pembelajaran inkuiri dapat dijadikan alternatif sebagai upaya untuk meningkatakan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26507

Actions (login required)

View Item View Item