Analisis spasial faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian tuberkulosis di Malang Raya tahun 2020-2021 / Vita Olivionita - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis spasial faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian tuberkulosis di Malang Raya tahun 2020-2021 / Vita Olivionita

Olivionita, Vita (2022) Analisis spasial faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian tuberkulosis di Malang Raya tahun 2020-2021 / Vita Olivionita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara urutan kedua dengan beban TB tertinggi di dunia. Pencegahan serta penanggulangan TB terus diupayakan oleh pemerintah untuk menurunkan angka TB. Salah satu upaya yang dapat membantu dalam program TB adalah dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG). Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan secara spasial kejadian TB berdasarkan cakupan rumah sehat cakupan rumah ber-PHBS kepadatan penduduk kelembapan udara suhu udara dan curah hujan di Malang Raya tahun 2020-2021 serta mengetahui korelasi antara faktor-faktor yang diteliti dengan kejadian TB. Metode penelitian ini menggunakan desain studi ekologi dengan SIG sebagai pendekatan serta menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Dinas Kesehatan yang ada di Malang Raya dan laman Badan Pusat Statistik. Analisis korelasional dilakukan dengan menggunakan uji Pearson Product Moment dan Spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola persebaran kejadian TB yang cenderung tinggi terjadi pada wilayah yang memiliki cakupan rumah sehat rendah cakupan rumah ber-PHBS rendah kepadatan penduduk tinggi suhu udara rendah kelembapan udara tinggi dan curah hujan tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265056

Actions (login required)

View Item View Item