Analisis spasial sebaran kelompok rentan covid-19 terhadap kasus covid-19 di Kabupaten Brebes / Fatimatuzzahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis spasial sebaran kelompok rentan covid-19 terhadap kasus covid-19 di Kabupaten Brebes / Fatimatuzzahro

Fatimatuzzahro (2022) Analisis spasial sebaran kelompok rentan covid-19 terhadap kasus covid-19 di Kabupaten Brebes / Fatimatuzzahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Brebes dalam kurun waktu satu tahun masih cukup tinggi. Lansia Hipertensi dan Diabetes Melitus (DM) merupakan kelompok rentan Covid-19 yang paling utama dan memiliki risiko kematian tertinggi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui sebaran kelompok rentan Covid-19 dan hubungannya secara spasial terhadap Kasus Covid-19 di Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan desain studi korelasi/ekologi. Data yang digunakan adalah data sekunder diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes yaitu jumlah kasus Covid-19 jumlah lansia penderita hipertensi dan diabetes melitus tahun 2021. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat bivariat dan analisis spasial dengan bantuan software QuantumGIS (QGIS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi kelompok usia lansia berkorelasi dengan jumlah kasus Covid 19 (nilai p 0.002) sedangkan prevalensi hipertensi dan diabetes melitus tidak memiliki korelasi dengan jumlah kasus Covid-19 (nilai p gt 0.05). Adapun wilayah yang berisiko tinggi yaitu Kecamatan Brebes Wanasari Banjarharjo dan Bumiayu. Adanya penelitian ini pemerintah daerah diharapkan mampu mengoptimalkan program 3T posyandu lansia dan mencapai target vaksinasi utamanya pada wilayah populasi lansia yang tinggi guna mendeteksi dan memprediksi penyebaran Covid-19 serta pemilihan penanganan secara tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265053

Actions (login required)

View Item View Item