Isolasi gen acyltransferase (AT3) dari Capsicum frutescense cv. Cakra hijau: tahap 1 / Muhamad Habibi - Repositori Universitas Negeri Malang

Isolasi gen acyltransferase (AT3) dari Capsicum frutescense cv. Cakra hijau: tahap 1 / Muhamad Habibi

Habibi, Muhamad (2013) Isolasi gen acyltransferase (AT3) dari Capsicum frutescense cv. Cakra hijau: tahap 1 / Muhamad Habibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Capsicum frutescens cv. Cakra Hijau Kapsaisin gen AT3 Cabai merupakan salah satu tanaman yang telah dimanfaatkan banyak dan dibudidayakan masyarakat Indonesia. Terdapat tiga spesies cabai yang ditemukan di Indonesia yaitu Capsicum annuum L. Capsicum frutescens L. dan Capsicum violaceum H.B.K. Capsicum frutescens merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi disebabkan karena rasa pedas dan kandungan karotenoidnya. Capsicum frutescens mempunyai beberapa kultivar salah satunya adalah Capsicum frutescens cv. Cakra Hijau. Kultivar ini tahan terhadap hama dan penyakit serta mempunyai rasa yang pedas. Rasa pedas pada tanaman cabai dikarenakan adanya senyawa kapsaisin. Selain memberikan rasa pedas kapsaisin juga berfungsi untuk pertahanan tanaman cabai terhadap hama dan penyakit antiartritis analgesik dan antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi gen Acyltransferase (AT3) sebagai gen pengkode enzim CS (Capsaicin synthase). Enzim terakhir dalam biosintesis kapsaisin yang menkonversi vanillilamin dan 8-metil-6- nonenoil-CoA menjadi kapsaisin. Langkah awal gen AT3 diisolasi menggunakan metode PCR dengan satu primer forward 5 -ATG GCT TTT GCA TTA CCA TCA-3 (F1). Hasil yang diperoleh tidak spesifik berikutnya dilakukan PCR dengan kombinasi primer F1 dan primer reverse 5 -CCT TCA CAA TTA TTC GCC CA-3 (R1). Data dianalisis dengan menggunakan DNA baser BLAST dan ClustalW. Dari i penelitian ini diperoleh sekuen parsial dari gen AT3 sepanjang 404 pasang basa dari. Hasil alignment dengan gen AT3 dari Capsicum frutescens cv. Shuanla dan Capsicum frutescens cv. BG2814.6 menunjukkan bahwa gen AT3 yang teramplifikasi adalah pada bagian tengah. Sebanyak 1917 basa dari bagian upstream dan 1435 downstream masih belum teramplifikasi sehingga mendapatkan gen AT3 secara utuh berdasarkan sekuen AT3 Capsicum frutescens cv. Cakra Hijau yang telah diperoleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26503

Actions (login required)

View Item View Item