Survei kondisi fisik atlet tarung derajat puslatkot Kota Malang menuju porprov VII 2022 / Mukhamad Riduwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei kondisi fisik atlet tarung derajat puslatkot Kota Malang menuju porprov VII 2022 / Mukhamad Riduwan

Riduwan, Mukhamad (2022) Survei kondisi fisik atlet tarung derajat puslatkot Kota Malang menuju porprov VII 2022 / Mukhamad Riduwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kondisi fisik merupakan keadaan tubuh seseorang dalam beraktivitas. Komponen tingkat kondisi fisik yang mendasar dalam semua cabang olahraga adalah komponen kondisi fisik kekuatan kecepatan kelincahan dan daya tahan. Untuk mencapai prestasi yang maksimal tentunya dibutuhnya kondisi fisik yang baik pula terlebih pada olahraga beladiri seperti tarung derajat. Kondisi fisik tingkat tinggi yang dimiliki oleh atlet tarung derajat sangat diperlukan sebab beladiri ini merupakan olahraga dengan tingkat keras dan full body contac. Selain itu untuk pertandingan atlet putra dilaksanakan sebanyak 3 ronde dengan durasi waktu 3 menit setiap rondenya dan istirahat antar ronde adalah 3 menit. Kemudian untuk pertandingan atlet putri adalah 2 ronde dengan durasi waktu 2 menit setiap rondenya dan istirahat antar ronde adalah 2 menit. Waktu yang lumayan singkat ini menjadikan atlet akan mengeluarkan seluruh tenaga yang dimilikinya saat bertanding di atas ring. Itulah mengapa kondisi fisik yang baik sangat dibutuhkan dalam olahraga beladiri tarung derajat. Kondisi fisik yang merupakan hal penting dalam beladiri tarung derajat ini menjadikan alasan bagi peneliti untuk mlakukan pengukuran kondisi fisik atlet tarung derajat PUSLATKOT Kota Malang sebab mereka akan terjun pada PORPROV VII 2022 pada bulan juli. Komponen kondisi fisik yang diukur dalam penelitian ini adalah daya tahan kelentukan kekukatan dan kelincahan. Metode penelitian ini deskriptif kuantitatif Sampel berjumlah 12 orang atlet yang terdiri dari 5 orang atlet putra dan 7 orang atlet putri. Adapun hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kondisi fisik atlet putra yang didapatkan 2 orang (40%) atlet mendapatkan nilai dalam kategori baik dan 3 orang (60%) atlet mendapatkan nilai dalam kategori cukup. Sedangkan hasil tingkat kondisi fisik atlet putri yang didapatkan adalah 3 orang atlet (42 9%) berada pada kategori baik dan 4 orang atlet (57 1%) berada pada kategori cukup. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa rata-rata kondisi fisik atlet tarung derajat PUSLATKOT Kota Malang 2022 adalah dalam kategori cukup baik atlet putra maupun atlet putri. Sedangkan saran dari penulis saran bagi pelatih tarung derajat Kota Malang sebaiknya pemberian program latihan terus dijalankan serta ditingkatkan untuk bisa mencapai hasil yang maksimal untuk perkembangan atlet mengingat pelaksanaan PORPROV yang semakin dekat. Sedangkan bagi atlet tarung derajat Kota Malang sebaiknya menambah program latihan mandiri agar dapat meningkatkan kondisi fisik jauh lebih baik khususnya untuk komponen kondisi fisik yang masih kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265010

Actions (login required)

View Item View Item