Pengembangan modul pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VII semester 1 Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Islamiyah Temayang Kab. Bojonegoro tahun 2011 / Moh. Saifudin Zuhri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VII semester 1 Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Islamiyah Temayang Kab. Bojonegoro tahun 2011 / Moh. Saifudin Zuhri

Zuhri, Moh. Saifudin (2012) Pengembangan modul pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VII semester 1 Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Islamiyah Temayang Kab. Bojonegoro tahun 2011 / Moh. Saifudin Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan media pembelajaran modul Al-Qur an Hadits. Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi metode dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri. Kemenarikan disini menggunakan warna pada teks arab yang menunjukkan maksud dari ayat tersebut sehingga siswa mudah memahami ayat-ayat Al-Qur an dan Hadits dan menambah semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan mengembangkan modul ini adalah mengembangkan modul yang efektif dan efisien dalam pembelajaran sehingga dapat menjadi alternatif bagi guru dalam menyampaikan materi pokok bahasan Al-Qur an surah-surah pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang tauhid Rububiyyah dan Uluhiyyah. Subjek uji coba dalam pengembangan modul ini adalah siswa kelas VII Semester I MTs Ma arif NU Islamiyah Temayang Kab. Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket validasi kepada ahli media ahli materi dan siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi adalah prosentase. Hasil pengembangan modul pembelajaran ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji coba ahli media mencapai tingkat kevalidan 85 83% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 100% uji coba kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 82% dan uji coba kelompok besar mencapai tingkat kevalidan 81 9%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul ini efektif digunakan dalam pembelajaran serta dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar bagi siswa. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan modul ini adalah diharapkan adanya pengembangan lebih lanjut mengenai efektifitas penggunaan bahan ajar modul yang telah dikembangkan. Sehingga pengembang berikutnya dapat menghasilkan modul yang lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item