Pengembangan aplikasi smart farming dengan sistem deteksi penyakit tanaman jagung berbasis mobile / Siti Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi smart farming dengan sistem deteksi penyakit tanaman jagung berbasis mobile / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2022) Pengembangan aplikasi smart farming dengan sistem deteksi penyakit tanaman jagung berbasis mobile / Siti Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jagung sebagai bahan pangan pokok kedua di Indonesia memiliki berbagai permasalahan dalam proses budidayanya. Salah satu masalah dalam budidaya tanaman jagung yaitu adanya penyakit daun. Hawar daun dan karat daun adalah penyakit utama pada tanaman jagung yang dapat menurunkan produksi jagung hingga 50%. Untuk mengendalikannya perlu adanya aplikasi yang dapat memudahkan proses deteksi dengan memberikan solusi terhadap pengendalian penyakit tersebut. Tujuan pengembangan ini adalah untuk memberikan kemudahan dalam deteksi penyakit daun jagung serta memberikan solusi pengendalian melalui agensia hayati pada penyakit yang terdeteksi dalam aplikasi. Teknik yang digunakan pada eksplorasi ini adalah Convolutional Neural Network (CNN). Adapun model yang dihasilkan dalam penelitian menggunakan CNN ini yaitu model mampu mengklasifikasikan daun jagung pada kategori sehat hawar daun dan karat daun dengan traiing accuration 95% dan validation accuracy 95%. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian Research and Development yang dibuat oleh Sugiyono. Pengembangan ini menghasilkan aplikasi mobile android yang mampu melakukan deteksi daun sehat hawar daun dan karat daun dengan rekomendasi pengendalian menggunakan agensia hayati untuk tenaman jagung. Hasil validitas aplikasi didapatkan penilaian dengan presentase 92% oleh ahli aplikasi dan 80% oleh ahli pertanian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264998

Actions (login required)

View Item View Item