Prediksi jumlah kendaraan pribadi di Indonesia dengan metode moving average / Rani Maranita - Repositori Universitas Negeri Malang

Prediksi jumlah kendaraan pribadi di Indonesia dengan metode moving average / Rani Maranita

Maranita, Rani (2022) Prediksi jumlah kendaraan pribadi di Indonesia dengan metode moving average / Rani Maranita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kendaraan pribadi merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia seperti mobil penumpang dan sepeda motor. Di setiap tahunnya jumlah kendaraan pribadi di Indonesia mengalami kenaikan. Kenaikan yang cukup pesat membuat pemerintah harus meningkatkan pelayanan infrastruktur jalan yang merata. Agar pemerintah bisa meningkatkan pelayanan infrastruktur jalan yang merata pemerintah membutuhkan sumber dana yang cukup besar salah satunya dari pajak kendaraan pribadi. Untuk memperkirakan seberapa besar kebutuhan infrastruktur pemerintah perlu mengetahui berapa jumlah pertumbuhan kendaraan bermotor sehingga diperlukan sebuah metode yang mampu memprediksi jumlah kendaraan pribadi di setiap tahunnya. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memprediksi jumlah kendaraan di masa mendatang adalah metode moving average dengan mengimplementasikan data jumlah kendaraan di periode sebelumnya sebagai data training yang di uji coba menggunakan metode tersebut. Di mana nilai persentase tingkat kesalahan yang muncul kurang dari 10% selisih dari jumlah riil. Rancangan sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis dalam menerapkan teori ilmu yang dimiliki serta pihak-pihak terkait sebagai acuan untuk memperoleh sebuah informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264995

Actions (login required)

View Item View Item