Sistem navigasi pada first person shooter menggunakan perintah suara. / Bernard Pradana Altar Gaharu Soepriyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem navigasi pada first person shooter menggunakan perintah suara. / Bernard Pradana Altar Gaharu Soepriyadi

Soepriyadi, Bernard Pradana Altar Gaharu (2022) Sistem navigasi pada first person shooter menggunakan perintah suara. / Bernard Pradana Altar Gaharu Soepriyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gim merupakan aplikasi yang awal mulanya bertujuan untuk hiburan. Dalam perkembangannya tidak pernah lepas dari penggunaan tombol atau alat lain untuk menggerakkan navigasinya. Alat bantu berupa tombol maupun alat lainnya tersebut memiliki kekurangan yakni cenderung kaku saat bergerak dan alat tersebut dapat memberikan efek Sickness terlebih lagi hal seperti itu sering kali ditemui pada gim First Person Shooter (FPs). Alat bantu ini juga berkembang salah satunya adalah Virtual Reality (VR). Maraknya alat bantu ini tetap masih memiliki kelemahan yakni pengguna harus menggunakan tombol Berbeda dengan gawai pengguna tidak bisa melakukan apapun dan hanya cenderung melihat saja. Dengan adanya permasalahan dengan adanya permasalahan tersebut dilakukanlah penelitian ini. Perintah suara akan cukup membantu dalam penggunaan terhadap beberapa alat bantu seperi VR yang digunakan dalam gim FPs. Penerapan perintah suara membantu pengguna untuk lebih leluasa bermain dan mengurangi resiko efek Sickness. Program perintah suara ini nantinya dibuat dalam bentuk yang sederhana dimana menggunakan Speech Recognition Windows yang sudah terdapat di dalam gawai yang menggunakan OS Windows. Sebelum menggunakan perintah suara yang dapat digunakan akan dicari terlebih dahulu navigasi apa saja yang digunakan dalam gim FPs. Setelah itu dianalisis pergerakan apa saja yang dapat dilakukan menggunakan perintah suara dan kata yang ada kemudian dikembangkan menggunakan kata apa saja yang memiliki makna sama dengan perintah suara yang dimaksud. Kemudian setiap kata tersebut diuji apakah setiap kata dapat direspon oleh program dengan baik. Terakhir program kemudian dimasukkan kedalam gim ldquo Labirin Suara rdquo yang akan diuji oleh 5 orang berbeda Hasilnya didapatkan respon positif sesuai dengan kuisioner yang telah diberikan. Hasil dari kuisioner tersebut Ketika diakumulasikan dan dihitung menunjukan nilai 71 25%. Jika dilihat dalam Interval dalam tabel kriteria penelitian yang sudah ditentukan maka 71 25% termasuk dalam kategori valid. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu suatu program Speech Recognition dalam gim FPs yang menjawab permasalahan navigasi yang dimiliki pada gim FPs dan juga VR. Program tersebut telah dianggap berhasil karena mendapatkan nilai 71 25% yang jika menurut kategori tabel kriteria penelitian yang telah dibuat sebelumnya masuk dalam kategori valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 03:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264984

Actions (login required)

View Item View Item