Peramalan tingkat inflasi Kabupaten Tulungagung menggunakan metode exponential smoothing / Muhammad Tatag Adi Ndaru - Repositori Universitas Negeri Malang

Peramalan tingkat inflasi Kabupaten Tulungagung menggunakan metode exponential smoothing / Muhammad Tatag Adi Ndaru

Ndaru, Muhammad Tatag Adi (2022) Peramalan tingkat inflasi Kabupaten Tulungagung menggunakan metode exponential smoothing / Muhammad Tatag Adi Ndaru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Inflasi merupakan salah satu parameter bagi stabilitas ekonomi suatu wilayah. Inflasi adalah meningkatnya tingkat harga secara menyeluruh dan kenaikan harga tersebut secara bersamaan. Tingkat inflasi Kabupaten Tulungagung setiap bulannya mengalami fluktuasi. Pergerakan inflasi setiap bulan perlu diawasi oleh pemerintah daerah atau pembuat keputusan. Tingkat inflasi di Kabupaten Tulungagung dalam beberapa bulan ke depan perlu diramalkan agar tetap dapat diawasi. Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tulungagung tidak terlalu tinggi dibandingkan kabupaten/kota lain se-eks karesidenan Kediri. Apabila harga barang dan jasa naik terlalu tinggi masyarakat menjadi tidak mampu untuk membeli. Produsen juga menjadi kesulitan dalam memasarkan barang dan jasa. Hal ini tentu akan merugikan produsen. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model exponential smoothing terbaik untuk melakukan peramalan tingkat inflasi di Kabupaten Tulungagung. Lebih lanjut juga untuk mengidentifikasi kinerja peramalan tingkat inflasi Kabupaten Tulungagung dalam beberapa periode kedepan. Metode peramalan yang dipakai yaitu metode exponential smoothing. Rancangan pengkajian ini diawali dengan identifikasi masalah dan dilanjutkan dengan perumusan masalah. Tahap selanjutnya adalah pengumpulan data bulanan tingkat inflasi Kabupaten Tulungagung sejak Januari 2017 sampai Desember 2021. Hasil ploting data menunjukkan data berfluktuasi dan memiliki pola musiman. Berikutnya dilakukan pemodelan menggunakan exponential smoothing. Pada tahap pemodelan akan membuat model-model exponential smoothing yaitu single double dan triple exponential smoothing menggunakan kombinasi parameter smoothing. Model exponential smoothing ditentukan dengan membandingkan metrik kinerja MSE dari masing-masing model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa triple exponential smoothing merupakan metode terbaik guna melakukan peramalan tingkat inflasi Kabupaten Tulungagung dengan metrik kinerja MSE terkecil yakni sebesar 0.066. Parameter smoothing terbaik pada SES yaitu alpha 0.6 pada DES yaitu alpha 0.6 dan beta 0.4 serta pada TES yaitu alpha 0.6 beta 0.4 dan gamma 0.6. Kinerja peramalan tingkat inflasi Kabupaten Tulungagung menggunakan SES menunjukkan hasil yang konstan. Pada DES menunjukkan hasil peramalan yang terus naik. Pada TES menunjukkan hasil peramalan yang berfluktuasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264971

Actions (login required)

View Item View Item