Pengembangan sistem informasi adi stetsa bidang keuangan di SMAN 4 Malang dengan metode scrum / Adam Achmad Rachmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi adi stetsa bidang keuangan di SMAN 4 Malang dengan metode scrum / Adam Achmad Rachmawan

Rachmawan, Adam Achmad (2022) Pengembangan sistem informasi adi stetsa bidang keuangan di SMAN 4 Malang dengan metode scrum / Adam Achmad Rachmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengelolaan data administrasi keuangan sekolah merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara periodik. Kegiatan pengelolaan data keuangan pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Malang masih dilakukan secara konvensional oleh staf keuangan. Sehingga terdapat kemungkinan data menjadi hilang dan tidak sesuai. Pengembangan sistem informasi ADI STETSA dapat menjadi solusi untuk membantu staf keuangan dalam kegiatan pengelolaan data keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi bidang keuangan berbasis website. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode SCRUM dengan keluaran aplikasi mobile dan website. Metode SCRUM cocok digunakan dalam pengembangan sistem informasi ADI STETSA karena terdapat banyak perubahan selama proses pengembangan. Pengembangan sistem informasi disesuaikan dengan permintaan bidang keuangan SMAN 4 Malang. Sistem informasi ADI STETSA versi mobile hanya mendukung sistem operasi android dengan versi 7.0 keatas. Pengembangan sistem informasi ADI STETSA bertujuan membantu bidang keuangan SMAN 4 Malang yang dipimpin oleh Mohamad Iqbal S.Kom. Terdapat enam tahapan SCRUM yaitu product backlog sprint planning sprint backlog daily SCRUM sprint review dan sprint retrospective. Terdapat tahapan SCRUM yang dilaksanakan secara berulang dimulai dari tahapan sprint planning hingga sprint retrospective yang disebut dengan sprint. Pengembangan sistem ini dilaksanakan dalam kurun waktu lima sprint (20 Desember 2021 ndash 30 Maret 2022). Pengembangan sistem informasi ADI STETSA bidang keuangan diimplementasikan pada sprint empat. Terdapat dua fitur yang diimplementasikan dalam sistem informasi ADI STETSA yaitu fitur database kwitansi dan fitur laporan keuangan. Pengembangan sistem informasi ADI STETSA bidang keuangan telah selesai. Pengembangan sistem informasi ini menghasilkan produk akhir sistem informasi dan dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak (SKPL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264969

Actions (login required)

View Item View Item