Pengembangan prototype klinik gigi berbasis web menggunakan metode prototyping / Yogi Khairul Umam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan prototype klinik gigi berbasis web menggunakan metode prototyping / Yogi Khairul Umam

Umam, Yogi Khairul (2022) Pengembangan prototype klinik gigi berbasis web menggunakan metode prototyping / Yogi Khairul Umam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merokok dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada mulut seperti bau mulut yang tak sedap kerontokan gigi hingga kanker rongga mulut. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa seorang perokok harus memeriksakan giginya secara rutin agar dapat mencegah rusaknya gigi. Salah satu contoh penerapan teknologi informasi adalah sistem informasi peran sistem informasi sangat berpengaruh bagi kemajuan di segala bidang termasuk pada bidang kesehatan. Konsultasi online kini jadi semakin penting dan relevan untuk membantu menjawab permasalahan gigi dan mulut masyarakat. berinovasi dan beradaptasi dalam memajukan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia (Afifah 2017). Sejauh ini sudah terdapat beberapa sistem klinik gigi online yang sudah berjalan seperti rata.id dan tanyapepsodent.com akan tetapi setelah dipelajari sistem klinik gigi online yang ada hanya dapat melayani pasien gigi untuk melakukan pembookingan layanan pada klinik offline terkait tanpa adanya pelayanan pemeriksaan secara online. Hal ini tidak dapat mengurangi permasalahan yang dijabarkan untuk mengingkatkan kesadaran kesehatan mulut yang terjadi pada para perokok dikarenakan calon pasien masih harus datang ketempat praktik klinik gigi. Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan protoype klinik gigi onilene berbasis website Pemilihan mengembangkan klinik gigi berbasis website ini juga sebagai solusi dari permasalahan karena dapat mempermudah operasional dokter dan juga pasien dalam pemeriksaan serta pemanfaatan teknologi dan internet yang sudah menjadi keseharian masyarakat seluruh dunia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototyping dengan tahapan-tahapan yaitu analisis kebutuhan untuk menentukan identifikasi masalah dan mendefinisikan semua kebutuhan tahap kedua adalah membuat desain prototipe menggunakan Use Case Diagram Activity Diagram Entity Relationship Diagram dan membuat desain antarmuka tahap ketiga evaluasi prototipe adalah mengevaluasi prototipe yang sudah dibuat oleh calon pengguna tahap keempat pengkodean sistem menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai tahap kelima pengujian sistem dengan menggunakan metode pengujian sistem dan tahap keenam evaluasi sistem untuk mengetahui hasil sistem yang dibuat. Dalam tahap ketiga yaitu evaluasi prototype mendapatkan hasil rancangan yang dibuat disetujui oleh calon pengguna dan untuk tahap pengujian yang dilakukan oleh 2 Ahli mendapat hasil sistem terverifikasi atau tidak ada kegagalan dalam pengujian sistem dan pengujian yang dilakukan oleh 5 calon pengguna mendapatkan nilai SUS yaitu 83 termasuk kedalam nilai A dengan keterangan Excellent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264968

Actions (login required)

View Item View Item