Rancang bangun aplikasi augmented reality pop-up earth menggunakan metode design thinking / Nandha Mustika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun aplikasi augmented reality pop-up earth menggunakan metode design thinking / Nandha Mustika Sari

Sari, Nandha Mustika (2022) Rancang bangun aplikasi augmented reality pop-up earth menggunakan metode design thinking / Nandha Mustika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pentingnya memberikan informasi tentang planet bumi kepada pengguna menjadikan salah satu alasan dilakukannya penelitian ini dikarenakan manusia menjadi makhluk hidup yang berperan penting dalam menjaga bumi sehingga diperlukannya berbagai informasi dan pengetahuan seputar planet bumi. Untuk mendapatkan informasi tersebut smartphone menjadi salah satu alat yang digunakan sebagai media informasi. Melalui pemanfaatan teknologi tersebut peneliti menyampaian informasi dengan menggunakan sebuah aplikasi interaktif pop-up berbentuk tiga dimensi. Untuk mewujudkan aplikasi interaktif tersebut peneliti menggunakan teknologi augmented reality berbasis markerless sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design thinking terdiri dari 5 tahapan yaitu empathize define ideate prototype dan test. Tahap pengujian dalam penelitian ini menggunakan blackbox testing uji validasi yang dilakukan oleh para ahli serta system usability scale yang dilakukan oleh calon pengguna untuk mengetahui tingkat kepuasan saat menggunakan aplikasi. Hasil dari pengujian aplikasi Pop-Up Earth ini menunjukkan bahwa aplikasi masuk ke dalam grade A atau kategori excellent dengan nilai rata-rata SUS sebesar 82 5% dan dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Para ahli menyatakan aplikasi ini valid digunakan dengan nilai rata-rata mencapai 98 3% untuk penyampaian media aplikasi dan 87 5% untuk penyampaian informasi aplikasi. Diharapkan dengan adanya aplikasi Pop-Up Earth dapat memberikan berbagai informasi tentang planet bumi kepada pengguna secara interaktif dan informatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264956

Actions (login required)

View Item View Item