Pengaruh nilai k pada metode k-nearest neighbour (k-nn) dalam klasifikasi dialek bahasa jawa / Brilliant Filby - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh nilai k pada metode k-nearest neighbour (k-nn) dalam klasifikasi dialek bahasa jawa / Brilliant Filby

Filby, Brilliant (2022) Pengaruh nilai k pada metode k-nearest neighbour (k-nn) dalam klasifikasi dialek bahasa jawa / Brilliant Filby. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia adalah negara yang mempunyai beragam suku dan budaya. Masing-masing suku di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dari segi bahasa. Salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa. Menurut peta bahasa KEMDIKBUD terdapat 12 variasi bahasa yang tersebar di beberapa wilayah pulau Jawa. Dataset yang digunakan hanya 4 dialek yaitu dialek Jawa Timur dialek Tegal dialek Cirebon dan dialek Solo-Yogya. Data yang digunakan berupa kata dan kalimat yang didapatkan melalui sumber tertulis yang ada di internet kemudian diolah menggunakan algoritma K-Neirest Neighbors. Algoritma ini digunakan karena karakteristik algoritmanya yang sederhana dan fleksibel namun memiliki hasil akurasi yang tinggi. Prosedur pada klasifikasi menggunakan metode CRISP-DM dengan beberapa tahapan yaitu business understanding data understanding data preparation modeling dan evaluation. Teknik oversampling SMOTE digunakan sebagai upaya penyeimbangan data sebelum dilakukan medeling menggunakan algoritma K-Neirest Neighbors. Pengujian dilakukan menggunakan 10-Fold Cross Validation mendapatkan akurasi tertinggi pada nilai k 2 dengan Accuracy sebesar 96 86% Precision sebesar 97 71% serta Recall 96 67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264952

Actions (login required)

View Item View Item