Model algoritma naive bayes untuk klasifikasi curah hujan di Kabupaten Malang / F.ti Ayyu Sayyidul Laily - Repositori Universitas Negeri Malang

Model algoritma naive bayes untuk klasifikasi curah hujan di Kabupaten Malang / F.ti Ayyu Sayyidul Laily

Laily, F.ti Ayyu Sayyidul (2022) Model algoritma naive bayes untuk klasifikasi curah hujan di Kabupaten Malang / F.ti Ayyu Sayyidul Laily. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Malang mengalami variasi musiman ekstrem dalam curah hujan bulanan. Untuk itu diperlukan keahlian khusus untuk mengklasifikasikan data dari curah hujan. Informasi ini diolah menjadi pengetahuan untuk kepentingan banyak orang untuk memprediksi kejadian di masa mendatang berdasarkan pengalaman terdahulu sehingga dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan. Proses klasifikasi dilakukan dengan menggunakan algoritma naive bayes dan dataset yang digunakan adalah data curah hujan dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Untuk mengetahui perubahan pola curah hujan tersebut diperlukan beberapa tahapan yaitu data collection data understanding data preparation modelling evaluation dan deployment. Data yang digunakan memiliki 4 parameter yaitu temperatur rata-rata lama penyinaran matahari rata-rata kecepatan angin maksimum dan arah angin data curah hujan sudah diketahui sebelumnya. Menurut BMKG curah hujan dapat dikategorikan menjadi beberapa kategori yaitu curah hujan ringan sedang dan lebat. Penelitian akan mencoba mengklasifikasikan berdasarkan 3 kategori tersebut. Dari data tersebut akan diidentifikasi dan diolah yang kemudian akan menjadi data training. Hasil dari data training akan di test dan akan menghasilkan performance measure. Hasil menunjukkan algoritma naive bayes dapat mengklasifikasikan data curah hujan di Kabupaten Malang dengan baik yaitu memiliki rata-rata akurasi sebesar 82.97%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264949

Actions (login required)

View Item View Item