Teknik preprocessing dan feature extraction pada koleksi data log aktivitas concept map / Hanifah Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Teknik preprocessing dan feature extraction pada koleksi data log aktivitas concept map / Hanifah Nur Azizah

Azizah, Hanifah Nur (2022) Teknik preprocessing dan feature extraction pada koleksi data log aktivitas concept map / Hanifah Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Concept Map merupakan representasi grafis dari ide/masalah pada individu yang membentuk sebuah proposisi. Concept map dapat membantu proses pembelajaran dengan adanya ilustrasi grafis konkret yang menjelaskan bagaimana sebuah konsep tunggal (satu proposisi) dihubungkan ke konsep-konsep lain pada kategori yang sama. Prosedur concept map dapat disimpan ke dalam suatu log aktivitas yang berisi kumpulan/ rekaman data berdasarkan waktu tertentu. Tingginya aktivitas concept mapping dan dilakukan secara luas dapat membentuk koleksi data besar pembelajaran. Untuk dapat mengolah data log concept mapping dengan baik diperlukan tindakan pemrosesan awal yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi data log aktivitas concept map agar mendapatkan dataset yang reliabel/ bebas noise. Penelitian ini diawali dengan tahap preprocessing data yang merupakan teknik awal pada data mining dan berfungsi untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang lebih bersih dan bisa digunakan untuk pengolahan selanjutnya. Tahap preprocessing dapat dilakukan dengan metode data reduction atau disebut juga dengan penambahan filter example untuk mengobservasi data yang hilang pada suatu atribut dengan menghilangkan data observasi yang missing. Untuk mencari nilai fitur yang terkandung dalam dokumen pada proses data mining diperlukannya feature extraction yang berperan sangat penting dalam pengolahan penentuan keberhasilan proses data mining. Algoritma PCA (principal component analysis) digunakan untuk menormalisasi data supaya data menjadi stabil tidak terlalu tinggi maupun rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264948

Actions (login required)

View Item View Item