Penerapan text mining pada klasifikasi teks dialek jawa menggunakan metode decision tree c4.5 / Imro'aturrozaniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan text mining pada klasifikasi teks dialek jawa menggunakan metode decision tree c4.5 / Imro'aturrozaniyah

Imro'aturrozaniyah (2022) Penerapan text mining pada klasifikasi teks dialek jawa menggunakan metode decision tree c4.5 / Imro'aturrozaniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan kebudayaan yang sangat beragam. Tidak hanya kesenian dan makanan khas namun bahasa juga merupakan produk budaya sekaligus identitas etnik di suatu negara. Menurut data dari Peta Bahasa Kemdikbud terdapat sekitar 718 bahasa daerah yang tersebar di seluruh Indonesia. Wilayah pemakaian bahasa daerah yang sangat luas ini memunculkan varian bahasa atau dialek. Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang paling banyak penuturnya. Tercatat sebanyak 12 dialek empat di antaranya adalah dialek Jawa Timur dialek Cirebon dialek Tegal dan dialek Solo-Yogya. Adanya keberagaman bahasa tersebut menyulitkan seseorang dalam membedakannya. Oleh karena itu diperlukan sebuah metode pengklasifikasian tiap kata atau kalimat dari varian bahasa Jawa dengan teknik text mining. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Decision Tree C4.5. Algoritma ini dipilih karena memiliki kemampuan dalam mengelola data multidimensi dan tingkat akurasi yang cukup baik. Selanjutnya algoritma tersebut akan diuji menggunakan teks yang diambil dari internet untuk mengetahui performanya dalam klasifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264945

Actions (login required)

View Item View Item