Implementasi business intelligence pada visualisasi performa user dalam concept mapping / Irma Fatkhiatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi business intelligence pada visualisasi performa user dalam concept mapping / Irma Fatkhiatin

Fatkhiatin, Irma (2022) Implementasi business intelligence pada visualisasi performa user dalam concept mapping / Irma Fatkhiatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Concept map ialah suatu visualisasi grafis yang mampu merepresentasikan sebuah pengetahuan dari materi serta meningkatkan pemahaman materi yang telah dipelajari. Umumnya concept map dibuat dengan dua metode yakni kit build dan scratch build. Concept map sering kali dimanfaatkan oleh guru sebagai alat peninjauan pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelum ini tentang pengaruh concept map pada siswa concept map merupakan suatu pendekatan yang layak dan mumpuni untuk digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar serta menyatakan pula bahwa metode pembuatan concept map berpengaruh secara langsung pada kualitas concept map yang dibuat dan tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang dijabarkan oleh guru. Namun belum ada penelitian yang mengungkap pola perilaku atau performa siswa di masing-masing metode pembuatan concept map padahal keduanya penting untuk diketahui pengaruhnya pada suatu metode dalam concept map yang dibentuk. Metode business intelligence terpilih untuk digunakan dalam penelitian ini karena kemampuannya mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang mudah dipahami yang dalam kasus ini ialah visualisasi performa yang diukur dari dua parameter yakni time dan action. Business intelligence memiliki lima tahapan yakni preprocessing data model extract transform loading (ETL) data warehouse dan visualisasi dashboard. Dari visualisasi yang terbentuk user dengan kit build concept mapping memiliki performa yang lebih unggul dibanding user dengan scratch build concept mapping bila ditinjau dari action dan pola konsistensi datanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264939

Actions (login required)

View Item View Item