Analisis Permainan Battle Royale Player Unknown's Battlegrounds Mobile (Pubg Mobile) Terkait Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemain Berdasarkan Game Design Factors / Manda Maulana Musthofa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Permainan Battle Royale Player Unknown's Battlegrounds Mobile (Pubg Mobile) Terkait Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemain Berdasarkan Game Design Factors / Manda Maulana Musthofa</p>

Musthofa, Manda Maulana (2022) Analisis Permainan Battle Royale Player Unknown's Battlegrounds Mobile (Pubg Mobile) Terkait Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemain Berdasarkan Game Design Factors / Manda Maulana Musthofa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Player Unknown rsquo s Battlegrounds (PUBG) adalah sebuah game multiplayer kompetitif yang menjadikan ldquo battle royale rdquo sebagai genre utama. PUBG memuat pertempuran 100 pemain secara bersamaan di sebuah area yang besar. Pada tanggal 19 Maret 2018 developer game ini yaitu Tencent Games baru saja merilis game PUBG untuk versi mobile-nya. Game PUBG mencatat ada 100 juta pemain aktif bulanan secara global dan mendapatkan rating pengguna sebanyak 15 6 juta di Google Play Store. Indonesia tercatat sebagai negara peringkat kedua di dunia yang memiliki pemain aktif bulanan Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah pemain aktif yang terus berkembang dalam permainan game mobile di dunia. PUBG di Indonesia telah berhasil menarik pemain di lebih dari 220 kota melalui berbagai turnamen offline baik pada tingkat amatir profesional hingga taraf internasional yang disaksikan lebih dari 23 juta penonton. Untuk mengetahui mengapa PUBG Mobile memiliki jumlah pemain aktif yang tinggi peneliti perlu mengumpulkan data sehingga dapat membagi perilaku pemain menjadi dua kelompok dan menganalisisnya. Kelompok pertama yaitu pemain yang tetap bermain PUBG. Kelompok kedua yaitu pemain yang tidak bermain PUBG lagi. Proses pengumpulan data menggunakan metode studi literatur dan game design factor questionnaire. Literatur yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi (1) teknik pengambilan sampel data kuantitatif menggunakan convenience sampling (2) game design factors dan game design factor questionnaire dan (3) metodologi kuantitatif. Setelah pengumpulan data analisis akan dilakukan untuk menemukan perbedaan yang signifikan dalam nilai rata-rata kuesioner antara kedua kelompok dan mengetahui alasan yang membuat pemain menjadi aktif atau meninggalkan PUBG Mobile. Hasil analisis kuesioner antara kedua kelompok terdapat perbedaan yang signifikan pada 24 butir pernyataan dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada 11 butir pernyataan. Sedangkan hasil analisis data kualitatif terkait alasan pemain membuktikan bahwa game design factors memiliki hubungan dengan kategori kelompok pemain PUBG Mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264935

Actions (login required)

View Item View Item