Peramalan pertumbuhan beban listrik pada wilayah PT PLN (Persero) ULP pangkalan bun / Ridho Riski Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peramalan pertumbuhan beban listrik pada wilayah PT PLN (Persero) ULP pangkalan bun / Ridho Riski Hadi

Hadi, Ridho Riski (2022) Peramalan pertumbuhan beban listrik pada wilayah PT PLN (Persero) ULP pangkalan bun / Ridho Riski Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Listrik adalah sumber energi utama yang harus dijaga dan menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Seiring dengan bertambahnya jumlah beban listrik maka energi listrik yang dibutuhkan juga semakin meningkat. Permasalahan yang paling umum dalam pengoperasian sistem tenaga listrik yaitu ketidaksesuaian antara daya yang dibutuhkan dengan daya yang dibangkitkan. Solusi dari permasalahan ini melakukan peramalan pertumbuhan listrik beban melalui pertimbangan terhadap pengaruh antar variabel yang berhubungan. Penelitian yang dilakukan merupakan peramalan jangka panjang untuk meramalkan pertumbuhan beban listrik sampai tahun 2023 dalam angka bulanan di wilayah PT PLN (Persero) Pangkalan Bun. Dilakukannya peramalan pertumbuhan beban listrik dalam setiap sektor yakni bisnis rumah tangga industri dan umum dengan mempertimbangkan pengaruh dari jumlah penduduk PDRB dan UMK. Metode penelitian menggunakan metode peramalan regresi linier. Dimana regresi linier sederhana diperlukan dalam meramalkan jumlah penduduk PDRB dan UMK. Hasil peramalan dari variabel tersebut dengan regresi linier berganda kemudian digunakan untuk meramalkan jumlah pertumbuhan beban listrik disetiap sektor yang telah ditentukan. Selanjutnya hasil dari peramalan tersebut dihitung untuk menentukan peramalan dan akurasinya menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu jumlah penduduk PDRB dan UMK secara bersamaan memiliki pengaruh sangat kuat (positif) terhadap pertumbuhan beban listrik pada tiap sektor pelanggan. Kemudian hasil dari peramalan pertumbuhan beban listrik menunjukkan terjadi peningkatan secara stabil dari Januari 2021 s/d Desember 2023. Jumlah pelanggan sektor rumah tangga meningkat dari 75.377 menjadi 88.639 sektor bisnis meningkat dari 7.770 menjadi 8.123 sektor industri meningkat dari 32 menjadi 43 sektor umum meningkat dari 2.926 menjadi 3.515 dan daya terpasang meningkat dari 133.608 KVA menjadi 174.102 KVA. Dengan pertumbuhan rata-rata tahunan 7% pada tahun 2021 7% pada tahun 2022 dan 6% pada tahun 2023. Berdasarkan kapasitas daya tersedia yang dimiliki saat ini maka perlu dilakukan penambahan pembangkit pada bulan Januari 2023. Selanjutnya hasil pengukuran akurasi peramalan pertumbuhan beban listrik yang dilakukan dengan MAPE pada sektor rumah tangga 0 299% bisnis 0 154% industri 2 021% dan daya terpasang 0 695%. Karena nilai MAPE lt 10% maka dapat disimpulkan hasil akurasi peramalan pertumbuhan beban listrik pada seluruh sektor adalah tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264924

Actions (login required)

View Item View Item