Perancangan sistem kendali frekuensi generator berbasis PID untuk kestabilan sistem / Nadya Anggie Putri Roka'at - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan sistem kendali frekuensi generator berbasis PID untuk kestabilan sistem / Nadya Anggie Putri Roka'at

Roka'at, Nadya Anggie Putri (2022) Perancangan sistem kendali frekuensi generator berbasis PID untuk kestabilan sistem / Nadya Anggie Putri Roka'at. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Listrik menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting di masyarakat di pedesaan maupun di perkotaan. Sebagian besar alat rumah tangga membutuhkan energi listrik. Pembangkit utama di Indonesia masih menggunakaan bahan bakar fosil. Akibat menipisnya bahan bakar fosil maka digunakannya alternatif lain yaitu dengan memanfaatkan deras air. Indonesia memiliki banyak sungai yang dapat dimanfaatkan sebagai PLTPH (Pembangkit Listrik Piko Hidro). PLTPH berkapasitas kurang dari 5 kW. Frekuensi pembangkitan dapat naik turun akibat berubahnya konsumsi daya listrik konsumen. Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada alat elektronik maka disesuaikanlah dengan ketentuan frekuensi alat elektronik tersebut. Di setiap negara memiliki standar yang berbeda-beda di Indonesia menggunakan standar 50Hz. Mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sistem kendali yang dapat meyeimbangkan antara daya yang dikonsumsi dengan daya pembangkitan. Penelitian ini menerapkan sistem kendali PID (Proportional ndash Integral ndash Derivative controller). Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa frekuensi pada system pada saat operasi 50 plusmn 0 5Hz dan juga untuk mengetahui cepat respon system kendali PID untuk tetap menyetabilkan besaran frekuensi. Konstanta Kp Ki dan Kd yang optimal digunakan dalam sistem penelitian ini yaitu 2 1 0 8 dan 1 2. Implementasi PID dengan konstanta tersebut mendapatkan hasil sistem dapat mendekati set point yaitu berkisar antara 49 97Hz-50 08Hz yang sudah memenuhi standar frekuensi listrik IEEE sebesar plusmn 1% dari frekuensi nominal. Respon kendali PID juga tergantung dari beban yang terpasang semakin besar beban terpasang maka untuk mencapai set point dan steady state membutuhkan waktu yang lebih lama. Saat diberikan beban lampu 20W membutuhkan rise time 0 3s. Sedangkan hasil paling lama saat diberikan beban lampu 200W membutuhkan rise time 0 9s-1 05s.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264915

Actions (login required)

View Item View Item