Rancang bangun navigasi kapal tanpa awak berbasis image processing dan deteksi penghalang / Ferina Ayu Pusparani - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun navigasi kapal tanpa awak berbasis image processing dan deteksi penghalang / Ferina Ayu Pusparani

Pusparani, Ferina Ayu (2022) Rancang bangun navigasi kapal tanpa awak berbasis image processing dan deteksi penghalang / Ferina Ayu Pusparani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perbatasan laut ialah salah satu perbatasan negara yang krusial untuk dilalui kapal asing dari negara lain. Indonesia memiliki area laut 3.257.357 km sup2 dan salah satu negara maritim terbesar yang tentunya kerap dilalui oleh kapal negara lain secara ilegal. Masuknya nelayan asing secara ilegal dapat merugikan sumber daya alam di Indonesia sebagai akibat dari illegal fishing. Patroli kelautan dikerahkan untuk menjaga pertahanan dan keamanan wilayah kelautan tetapi dengan minimnya sumber daya manusia disertai biaya dan keselamatan pada awak solusi yang memungkinkan adalah menyertakan teknologi sebagai bentuk dari patroli kelautan. Solusi dari permasalahan adalah menggunakan Robot kapal sebagai teknologi robot untuk melakukan patroli kelautan. Inspirasi model robot kapal diambil dari kapal kataraman yang memiliki dua lambung disertai dengan satu motor penggerak dan dua motor induk yang diletakan di bagian belakang robot kapal. Jetson Nano digunakan sebagai sistem kontrol navigasi. Sensor kamera digunakan sebagai pendeteksi objek dengan implementasi pengembangan deteksi objek YOLO (You Only Look Once) secara real-time. Sistem disertai penghindar halangan untuk menghindari objek yang dideteksi. Implementasi robot kapal berupa perangkat kelas dan sistem monitor jarak jauh. Berdasarkan pengujian alat terhadap lingkungan pengujian dengan kategori sistem navigasi dan deteksi kamera sistem dapat bekerja cukup baik. Sistem deteksi objek memiliki tingkat akurasi 99.51%. Sistem navigasi mendapatkan hasil titik koordinat objek dan menghampiri/menghindari objek dengan akurasi hingga dua meter. Sistem navigasi memberikan informasi arah kapal pada monitor jarak jauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264914

Actions (login required)

View Item View Item