Analisis penggunaan hybrid superconducting fault current limiter (SFCL) pada sistem transmisi / Rasyidatul Husna Adz - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan hybrid superconducting fault current limiter (SFCL) pada sistem transmisi / Rasyidatul Husna Adz

Adz, Rasyidatul Husna (2022) Analisis penggunaan hybrid superconducting fault current limiter (SFCL) pada sistem transmisi / Rasyidatul Husna Adz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem transmisi sangat rentan mengalami gangguan karena saluran ini terdiri dari konduktor overhead yang terbentang luas diseluruh wilayah dengan beragam kondisi udara. Gangguan sistem tenaga listrik merupakan sebuah kondisi abnormal yang dapat mengakibatkan terganggunya kesinambungan tenaga listrik. Untuk mencegah terjadinya gangguan ini dapat digunakan SFCL (Superconductor Fault Current Limiter). SFCL sendiri diketahui dapat memberikan solusi dalam membatasi arus gangguan pada system tenaga. Terdapat berbagai macam tipe SFCL yang telah dibuat dan menghasilkan pembatasan arus salah satunya Hybrid SFCL yang merupakan suatu peralatan yang mampu membatasi arus gangguan yang muncul pada jaringan tenaga listrik serta tidak perlu dilakukan resetting pada sistem utama. Pada penilitian ini membahas mengenai kestabilan transien SC yang terjadi sebelum dan setelah pemasangan Hybrid SFCL. Dari analisa Transien SC pada sistem 9-Bus International Jurnal of Sciense sesuai dengan parameter dari Transien SC. Dimana nilai Irms sebelum dipasang HSFCL lebih besar dibandingkan dengan sesudah dipasang HSFCL. Pada bus 4 perbandingan nilai Irms ialah 1 384 kA gt 1 223 kA pada bus 7 ialah 2 151 kA gt 1 72 kA lalu pada bus 9 ialah 1 438 gt 1 26 kA. Lalu nilai ip sebelum dipasang HSFCL lebih besar dibandingkan sesudah dipasang HSFCL. Perbandingan nilai ip pada bus 4 ialah 3 507 kA gt 3 138 kA pada bus 7 ialah 5 966 kA gt 4 759 kA lalu pada bus 9 ialah 3 718 kA gt 3 219 kA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264911

Actions (login required)

View Item View Item