Studi performa pembangkit listrik tenaga piko hidro pada Wisata Sumber Ngesong / Syaifuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi performa pembangkit listrik tenaga piko hidro pada Wisata Sumber Ngesong / Syaifuddin

Syaifuddin (2022) Studi performa pembangkit listrik tenaga piko hidro pada Wisata Sumber Ngesong / Syaifuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Energi listrik menjadi kebutuhan primer di Indonesia namum penyediaan energi listrik masih belum merata. Masih banyak desa-desa dipedalaman yang belum terjangkau aliran listrik. Sejak tahun 2014 tenaga air hanya berkontribusi 16 2% terhadap total dari pembangkit listrik global. Dalam beberapa tahuh terakhir sedang digalakkan pembangunan pembangkit listrik menggunakan sumber energi terbarukan sebagai pengganti bahan bakar fosil salah satnya ada ah pembangunan Pembangkit Listrik Tenag Piko Hidro (PLTPH). Peran energi terbarukan terhadap masalah lingkungan global menjaid sangat penting karena faktor efisiensi dan aplikasi potensial untuk pembangkit listrik di masa depan. Selain sebagai alternatif energi energi terbarukan juga bisa dipakai selamanya dan tidak pernah habis. Di Indonesia memiliki wolayah sebagian besar daerah perairan hal ini yang mendorong penerapan energi listrik pembangkit tenaga piko hidro. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa studi performa pada Pembangkit Tenaga Listrik Piko hidro (PLTPH). Hal ini dilakukan untuk mengetahui performa yang dihasilkan pada alat. Kemudian penelitian ini menyuguhkan perhitungan untuk mengukur debit air berdasarkan beberapa kali percobaan mulai dari luas penampang basah kecepatan air menggunakan metode pelampung serta menyuguhkan hasil data studi performa berupa tegangan arus rpm dan variasi beban. Jika pada penelitian sebelumnya hanya mencari nilai dari salah satu debit air tanpa perhitungan serta hanya menggunakan satu beban. Maka penelitian kali ini dilakukan dengan melakukan perhitungan debit air dari beberapa percobaan dan menggunakan variasi beban untuk outputnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264908

Actions (login required)

View Item View Item