Kontrol otomatis kekeruhan, suhu, dan ph air aquascape menggunakan metode fuzzy logic / Gibor Yustian - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontrol otomatis kekeruhan, suhu, dan ph air aquascape menggunakan metode fuzzy logic / Gibor Yustian

Yustian, Gibor Yustian (2022) Kontrol otomatis kekeruhan, suhu, dan ph air aquascape menggunakan metode fuzzy logic / Gibor Yustian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aquascape merupakan seni untuk menciptakan suatu ekosistem air yang indah dan alami pada akuarium. Tetapi untuk menciptakan ekosistem yang baik dan menjaga tanaman agar tetap sehat perlu adanya kontrol parameter air yang dilakukan secara berkala. Beberapa parameter yang perlu diperhatikan adalah cahaya tingkat kekeruhan air pH air suhu air dan lain-lain. Apabila air Aquascape keruh maka akan mempengaruhi cahaya yang dapat menembus air untuk keperluan fotosistesis tanaman. Sedangkan jika suhu berada di luar batas normal maka tanaman tidak dapat bertumbuh dengan baik dan bahkan bisa membusuk. Selain itu apabila pH berada di luar batas normal maka nutrisi menjadi sulit untuk diserap tanaman secara maksimal. Tingkat kekeruhan yang baik untuk Aquascape adalah di bawah 25 NTU dengan suhu di antara 25-27oC dan pH di antara 6-8. Oleh karena perawatan aquascape yang rumit dan harus rutin memperhatikan parameter-parameter tersebut secara berkala maka diperlukan alat pengatur kekeruhan suhu dan pH secara otomatis. Pada penelitian ini menggunakan metode fuzzy logic sebagai sistem kontrolnya untuk menentukan output dari setiap input yang diberikan sehingga dapat mengontrol dan mempertahankan parameter air tetap berada pada set poin yang sudah ditentukan. Pengujian alat dilakukan dengan memberikan gangguan pada setiap parameternya dan melihat bagaimana sistem dapat mengembalikan nilai sampai berada pada set poin yang sudah ditentukan. Dari hasil pengujian alat terhadap gangguan parameter-parameter tersebut sistem dapat bekerja dengan baik dan dapat mengembalikan nilai parameter pada set poin yang sudah ditentukan baik dalam parameter kekeruhan suhu maupun pH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264903

Actions (login required)

View Item View Item