Analisis pengaruh perubahan beban RLC pada stabilitas transien sistem tenaga listrik / Puguh Agung Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh perubahan beban RLC pada stabilitas transien sistem tenaga listrik / Puguh Agung Saputra

Saputra, Puguh Agung (2022) Analisis pengaruh perubahan beban RLC pada stabilitas transien sistem tenaga listrik / Puguh Agung Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini dalam upaya memenuhi kebutuhan listrik manusia diperlukan adanya sistem tenaga (power system) untuk mengirimkan energi listrik dari pembangkit ke konsumen. Terjadinya gangguan dalam jaringan dapat mengakibatkan perubahan respon sistem selama waktu tertentu. Oleh karena itu diperlukanlah analisa stabilitas transien untuk mengetahui respon yang terjadi dalam jaringan. Stabilitas Transien merupakan kemampuan dari suatu sistem tenaga untuk mempertahankan sinkronisasi setelah mengalami gangguan besar yang bersifat mendadak. Pada penelitian ini peneliti ingin menganalisa pengaruh perubahan beban RLC terhadap stabilitas transien suatu sistem tenaga listrik. Analisa aliran daya dan analisa stabilitas transien pada jaringan disimulasikan dengan aplikasi. Hasilnya generator berada pada kondisi stabil pada awal operasi namun ketika beban baru disambungkan pada sistem keluaran generator berubah berdasarkan jenis beban dan terjadi osilasi pada keluaran generator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264902

Actions (login required)

View Item View Item