Perancangan sistem kontrol dan monitoring otomasi pemberian pakan dan minum burung berbasis iot / Ryan Harris Abdillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan sistem kontrol dan monitoring otomasi pemberian pakan dan minum burung berbasis iot / Ryan Harris Abdillah

Abdillah, Ryan Harris (2022) Perancangan sistem kontrol dan monitoring otomasi pemberian pakan dan minum burung berbasis iot / Ryan Harris Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada masa sekarang tidak sedikit orang yang memiliki hobi memelihara burung. Para pehobi burung peliharaan menggemari burung karena kicauannya yang merdu dan warna bulunya yang cantik. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pehobi burung peliharaan yaitu pehobi tidak bisa jauh dari burung peliharaannya dalam jangka waktu berhari-hari. Karena burung peliharaan perlu diberi makan dan minum serta dimandikan secara rutin untuk menjaga kesehatan burung peliharaan. Dikarenakan masalah tersebut penulis merancang sistem yang dapat memberi makan dan minum secara otomatis dengan internet of things serta dapat dimonitor dan dikontrol dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone. Sistem yang dirancang dapat memonitor jumlah stok pakan dan minum serta suhu dan kelembapan udara dalam sangkar. Sistem juga dapat memberikan pakan dan minum secara otomatis dan juga dapat dikontrol untuk memandikan burung peliharaan. Hasil data dari sistem lalu dapat dimonitor dan dikontrol dengan smartphone melalui jaringan internet. Setelah melakukan implementasi dan pengujian sistem diperoleh selisih dan nilai eror pada sistem. Pada sistem pakan selisih perbadingan data 0 055556 dengan nilai rata-rata eror 0 36953% dan pada sistem minum selisih perbandingan data 0 01429 dengan nilai eror rata-rata 0 03694%. Aplikasi Blynk membutuhkan waktu 5 detik untuk terhubung dengan sistem dan waktu 5-10 detik untuk mendapatkan data yang stabil dari sistem. Sistem dapat dipantau dan dikontrol secara real-time dan mengirimkan notifikasi atas setiap aksi yang dilakukan sistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:29
Last Modified: 25 Mar 2024 07:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264900

Actions (login required)

View Item View Item