Pengaruh penggunaan high volume fly ash (hvfa) terhadap sifat mortar segar / Tantri Raras Morowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan high volume fly ash (hvfa) terhadap sifat mortar segar / Tantri Raras Morowati

Morowati, Tantri Raras (2022) Pengaruh penggunaan high volume fly ash (hvfa) terhadap sifat mortar segar / Tantri Raras Morowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan tempat tinggal permintaan produk semen juga meningkat dan mengakibatkan peningkatan polusi udara yang disebabkan oleh pelepasan gas CO2 selama proses produksi semen. Untuk mengurangi pemakaiannya semen bisa diganti dengan fly ash sebagai bahan tambah campuran mortar dengan metode High Volume Fly Ash (HVFA). Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami pengaruh pemakaian High Volume Fly Ash (HVFA) terhadap sifat mortar segar. Sifat mortar dan pasta berupa waktu ikat (setting time) pasta semen nilai flow mortar segar dan kuat tekan mortar diuji dalam penelitian ini. Rancangan penelitian diawali dengan studi literatur dilanjutkan dengan eksperimen lalu dilaksanakan analisis data. Hasil penelitian membuktikan makin tinggi kadar fly ash yang dipakai dalam campuran makin lama waktu ikat pasta terjadi. Waktu ikat awal pasta semen dengan benda uji kontrol kadar fly ash 0 50 dan 75% berturut-turut terjadi pada menit ke-131 menit ke-17 5 menit ke-15 dan menit ke-28. Lama waktu ikat akhir pasta semen sampel kontrol kadar fly ash 0 50 dan 75% berturut-turut terjadi di menit ke-210 menit ke-50 menit ke-70 dan menit ke-95. Hasil penelitian membuktikan pemakaian High Volume Fly Ash (HVFA) bisa meningkatkan workabilitas mortar segar. Hal ini dibuktikan dengan pemakaian fly ash 50% menyebabkan peningkatan nilai flow sebanyak 20 5% dan pemakaian fly ash 75% menyebabkan peningkatan nilai flow sebanyak 42 7% . Penelitian membuktikan makin tinggi kadar fly ash yang dipakai dalam campuran semakin rendah nilai kuat tekan yang dihasilkan mortar. Hasil uji kuat tekan mortar HVFA dengan benda uji sampel kontrol kadar fly ash 0 50 dan 75% berturut-turut sebanyak 16 6 Mpa 6 3 Mpa 5 2 Mpa dan 4 5 Mpa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264896

Actions (login required)

View Item View Item