Pengaruh variasi kadar filler abu ijuk terhadap karakteristik marshall pada campuran ac-bc / Risky Fitriyanti Kuaras - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi kadar filler abu ijuk terhadap karakteristik marshall pada campuran ac-bc / Risky Fitriyanti Kuaras

Kuaras, Risky Fitriyanti Kuaras (2022) Pengaruh variasi kadar filler abu ijuk terhadap karakteristik marshall pada campuran ac-bc / Risky Fitriyanti Kuaras. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerusakan jalan yang terjadi di Indonesia menimbulkan masalah-masalah bagi pengguna jalan seperti kecelakaan kemacetan yang mengakibatkan bertambahnya durasi perjalanan. Salah satu penunjang untuk mewujudkannya jalan yang bagus adalah dengan menggunakan aspal beton (Asphalt Concrete). Kualitas aspal beton sangat dipengaruhi dari kualitas bahan yang digunakan salah satunya filler. Abu ijuk dapat menjadi referensi sebagai filler dalam aspal beton karena kandungan kimia dan sifat tahan lama yang terkandung pada ijuk sehingga diharapkan dapat memberikan lapisan beton yang lebih tahan lama. Penelitian ini menggunakan abu ijuk sebagai filler yang akan disubtitusikan dengan semen PC dalam campuran AC-BC. Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan karakteristik material yang digunakan untuk campuran aspal AC-BC. (2) Menganalisis pengaruh variasi kadar filler abu ijuk pada campuran aspal AC-BC berdasarkan karakteristik Marshall. Rancangan penelitian ini dimulai dengan tahap persiapan bahan tahap pembakaran ijuk tahap pengujian bahan penyusun campuran AC-BC tahap pembuatan benda uji menggunakan kadar aspal 5% 5 5% 6% 6 5% 7% dengan penggunaan variasi kadar filler abu ijuk 0 100% 25 75% 50 50% 75 25% 100 0% tahap pengujian Marshall dan diakhiri dengan tahap analisis dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) karakteristik bahan penyusun campuran AC-BC yang meliputi agregat kasar agregat halus filler dan aspal telah memenuhi Spesifikasi Bina Marga Tahun 2018. (2) pengaruh variasi kadar abu ijuk pada campuran AC-BC berdasarkan parameter Marshall menunjukkan hasil sebagai berikut penambahan abu ijuk sebagai filler meningkatkan nilai stabilitas dan flow dikarenakan abu ijuk membantu aspal mengikat agregat sehingga campuran aspal menjadi lebih padat dan aspal menjadi semakin mengental yang menyebabkan kelelehan meningkat dengan nilai tertinggi pada stabilitas kadar filler abu ijuk dan semen PC 25 50% dengan nilai 1113 801 kg pada kadar aspal 6%. Tetapi penggunaan abu ijuk sebagai filler menurunkan nilai pada MQ dan VIM namun memberikan peningkatan pada nilai VMA dan VFA hal ini dikarenakan abu ijuk mampu mengisi rongga antar agregat dalam campuran aspal beton sehingga ikatan antar agregat semakin kuat dan rongga dalam campuran aspal beton semakin kecil. Pengujian data yang dilakukan dengan Anova dua arah berdasarkan nilai dari semua parameter Marshall tidak terdapat adanya pengaruh variasi kadar filler abu ijuk terhadap karakteristik Marshall pada campuran AC-BC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264889

Actions (login required)

View Item View Item