Optimasi bentuk rangka jembatan dengan kombinasi tipe K-truss dan warren berskala pejalan kaki menggunakan material hollow BJ 37 / Defa Gilang Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi bentuk rangka jembatan dengan kombinasi tipe K-truss dan warren berskala pejalan kaki menggunakan material hollow BJ 37 / Defa Gilang Ramadhan

Ramadhan, Defa Gilang (2022) Optimasi bentuk rangka jembatan dengan kombinasi tipe K-truss dan warren berskala pejalan kaki menggunakan material hollow BJ 37 / Defa Gilang Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kekuatan struktur jembatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan mengingat pembangunan sebuah jembatan berfungsi untuk menahan beban yang bekerja pada jembatan. Salah satu hal yang berpengaruh terhadap kekuatan struktur jembatan rangka adalah pemilihan bentuk rangka jembatan. Terdapat beberapa bentuk tipe rangka jembatan yang memiliki kelebihan masing-masing. Jembatan dengan tipe k-truss memiliki kekuatan lebih baik yaitu nilai lendutan yang kecil namun berat struktur yang cukup berat sedangkan jembatan dengan tipe warren memiliki kelebihan berat struktur yang ringan namun nilai lendutan yang cukup besar. Jembatan rangka memiliki nilai yang paling efisien apabila memiliki nilai lendutan dan berat paling minimum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan satu bentuk rangka jembatan yang paling efisien dengan mengkombinasikan tipe k-truss dan warren sehingga dapat dijadikan acuan atau referensi untuk perencanaan konstruksi jembatan rangka selanjutnya. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Metode yang dilakukan dengan cara menganalisis bentuk rangka dengan kombinasi tipe k-truss dan warren kemudian memodifikasi serta memberikan konfigurasi breaching untuk mendapatkan satu bentuk rangka terbaik ditinjau dari nilai lendutan dan berat jembatan. Kemudian membuat benda uji jembatan model untuk dilakukan uji pembebanan statis secara analisis dan uji model. Kekuatan struktur jembatan ditinjau dari nilai lendutan dan berat struktur jembatan. Nilai efisiensi model jembatan dihitung dengan mengalikan nilai lendutan dan berat jembatan. Jembatan yang paling efisien apabila memiliki nilai efisiensi terkecil. Berdasarkan hasil analisis menggunakan program aplikasi SAP 2000 didapat satu bentuk rangka yang memiliki nilai efisiensi terbaik sebesar 0 0652 yaitu pada rangka kode KF 5 dengan melakukan kombinasi tipe K-truss dan Warren memodifikasi jarak batang dan memberikan konfigurasi breaching. Ukuran rangka jembatan KF 5 memiliki panjang segmen bentang ke-1 sampai ke-5 secara berurutan 550 mm 700 mm 500 mm 700 mm dan 550 mm.. Nilai lendutan pada rangka hasil optimasi akibat beban stastis pada frac12 bentang secara analisis sebesar 0 3412 mm sedangkan secara uji model sebesar 0 5275 mm dan masih dalam batas ijin lendutan sesuai RSNI-T-03-2005 dan Bridge Management System (BMS) yaitu 1/1000 x bentang atau sebesar 3 mm. Kemudian didapat nilai prosentase perbedaan hasil lendutan antara permodelan secara analisis dan uji model sebesar 26 166% dan ditentukan angka pembesaran/pengali terhadap kesalahan pelaksanaan yang disarankan sebesar 1 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264887

Actions (login required)

View Item View Item