Kinerja ruas jalan di Jalan Raya Grobogan Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang / Mohamad Hasyim As'ad - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja ruas jalan di Jalan Raya Grobogan Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang / Mohamad Hasyim As'ad

As'ad, Mohamad Hasyim (2021) Kinerja ruas jalan di Jalan Raya Grobogan Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang / Mohamad Hasyim As'ad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lumajang adalah Kabupaten yang memiliki tingkat volume lalu lintas yang cukup tinggi khususnya di Jalan Raya Grobogan Kecamatan Klakah karena adanya aktivitas perdagangan perkantoran dan industri. Sebagai tempat yang memiliki banyak aktivitas setiap tahunnya selalu terjadi peningkatan jumlah penduduk disisi lain harga jual kendaraan pribadi yang terjangkau membuat sebagian dari penduduk Kabupaten Lumajang memilih menggunakan kendaraan pribadi sehingga menimbulkan peningkatan volume lalu lintas di beberapa titik yang mengakibatkan timbulnya permasalahan diantaranya adanya kemacetan lalu lintas peningkatan waktu tempuh dan meningkatnya angka kecelakaan. Tujuan penelitian (1) Mengetahui karakteristik lalu lintas pada ruas Jalan Raya Grobogan (2) Mengetahui kinerja jalan pada ruas Jalan Raya Grobogan. Metode penelitian Tahapan kegiatan yang di lakukan adalah pengumpulan data primer seperti data geometri volume kecepatan kepadatan serta hambatan samping dan data sekunder seperti data jumlah penduduk dan peta Jalan Raya Grobogan. Metode yang digunakan menggunakan MKJI 1997 untuk mengetahui hasil Karakteristik dan Kinerja ruas jalan. Hasil penelitian (1) karakteristik arus lalu lintas tertinggi terjadi pada hari senin pukul 07.00-08.00 dengan volume kendaraan arah Lumajang 2388 65 smp/jam yang di dominasi oleh kendaraan Sepeda Motor (MC) sebesar 42% dan volume kendaraan arah Probolinggo 2325 65 smp/jam dengan didominasi kendaraan sepeda motor (MC) sebesar 43% kecepatan kendaraan arah Lumajang dan Probolinggo 21 52 km/jam dan 21 51 km/jam dan kepadatan kendaraan arah Lumajang dan Probolinggo 154 1 smp/km dan 152 30 smp/km. (2) Kinerja ruas jalan tertinggi terjadi pada hari senin pukul 07.00-08.00 dengan tingkat pelayanan tertinggi berada di rentang kelas F dan tingkat pelayanan rata rata berada di rentang kelas E dimana arus tidak stabil dengan volume lalu lintas mendekati kapasitas jalan kecepatan sangat rendah kepadatan lalu lintas tinggi dan disertai dengan durasi kemacetan yang pendek. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan untuk melakukan penanganan lebih lanjut dengan penertiban parkir di depan pasar Ranuyoso pelarangan parkir di badan jalan dan pemberian sanksi terhadap kendaraan khususnya angkutan umum yang berhenti cukup lama di badan jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264870

Actions (login required)

View Item View Item