Analisis kinerja operasional moda transportasi bus pada trayek malang-surabaya saat pandemi covid-19 / Rizkitah Herlin Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja operasional moda transportasi bus pada trayek malang-surabaya saat pandemi covid-19 / Rizkitah Herlin Fatmawati

Fatmawati, Rizkitah Herlin (2022) Analisis kinerja operasional moda transportasi bus pada trayek malang-surabaya saat pandemi covid-19 / Rizkitah Herlin Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki pengaruh terhadap kinerja moda transportasi bus pada trayek Malang-Surabaya. Di masa pandemi Covid-19 ini minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi bus Malang-Surabaya menurun sehingga jumlah armada yang beroperasi juga berkurang dan waktu tunggu bus menjadi lebih lama. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kinerja bus rute Malang-Surabaya untuk meningkatkan pelayanan yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik pengguna moda transportasi bus trayek Malang-Surabaya saat pandemi Covid-19 dan kinerja operasional moda transportasi bus trayek Malang-Surabaya saat pandemi Covid-19. Pengumpulan data menggunakan metode survei offboard dan survei onboard. Hasil dari analisis kemudian dibandingkan dengan standar pada Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Darat No.678/AJ.206/DRJD/2002 dan Peraturan Menteri Perhubungan RI No.111 (2015). Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik pengguna moda transportasi bus pada trayek Malang-Surabaya didominasi oleh laki-laki (57%) berusia 15-25 tahun (36%) berpendidikan terakhir S1 (50%) memiliki pekerjaan swasta (55%) memiliki pengasilan Rp2.400.000 00-Rp3.000.000 00 (29%) memiliki kendaraan pribadi (86%) memiliki SIM (76%) 76% responden memiliki asal perjalanan dari rumah 62% responden memiliki maksud perjalanan untuk bekerja 45% responden melakukan pejalanan sebanyak 1 kali dalam sebulan 40% responden memiliki jarak terminal dari asal pejalanan 6-10 km 48% responden menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke terminal 33% responden membutuhkan waktu 5-10 menit untuk menunggu bus 38% responden memilih menggunakan bus dikarenakan kemudahannya kinerja operasional bus menunjukkan faktor muat bus ekonomi sebesar 25 89% pada hari kerja (tidak sesuai) dan 22 77% pada hari libur (tidak sesuai) sedangkan bus patas sebesar 37 72% (tidak sesuai) pada hari kerja dan 30 13% (tidak sesuai) pada hari libur waktu antara (headway) bus ekonomi sebesar 16 menit pada hari kerja (tidak sesuai) dan 23 menit pada hari libur (tidak sesuai) sedangkan waktu antara bus patas sebesar 14 menit pada hari kerja (tidak sesuai) dan 21 menit pada hari libur (tidak sesuai) waktu tempuh bus ekonomi sebesar 1 73 menit/km (sesuai) dan bus patas sebesar 0 91 menit/km (sesuai) waktu sirkulasi bus ekonomi sebesar 5 jam 23 menit (sesuai) dan bus patas sebesar 4 jam 59 menit (sesuai) kecepatan perjalanan bus ekonomi sebesar 34 98 km/jam (sesuai) dan bus patas sebesar 65 98 km/jam (sesuai) waktu pelayanan selama 19 jam (sesuai) waktu tunggu bus ekonomi sebesar 8 menit pada hari kerja (sesuai) dan 12 menit pada hari libur (sesuai) waktu tunggu bus patas sebesar 7 menit pada hari kerja (sesuai) dan 11 menit pada hari libur (sesuai) frekuensi bus ekonomi sebesar 5 kend/jam (sesuai) pada hari kerja dan 3 kend/jam (tidak sesuai) pada hari libur bus patas sebesar 5 kend/jam pada hari kerja (sesuai) dan 3 kend/jam pada hari libur (tidak sesuai).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264854

Actions (login required)

View Item View Item