Analisis kinerja operasional dan tingkat pelayanan angkutan kota malang pada masa pandemi Covid-19 (studi kasus: trayek LDH/G) / Lizzatul Munajat - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja operasional dan tingkat pelayanan angkutan kota malang pada masa pandemi Covid-19 (studi kasus: trayek LDH/G) / Lizzatul Munajat

Munajat, Lizzatul (2022) Analisis kinerja operasional dan tingkat pelayanan angkutan kota malang pada masa pandemi Covid-19 (studi kasus: trayek LDH/G) / Lizzatul Munajat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Transportasi memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat karena dengan adanya transportasi dapat memudahkan kegiatan masyarakat secara efektif dan efisien. Angkutan yang memiliki kawasan wilayah perkotaan dengan trayek tertentu disebut angkutan kota. Persaingan moda transportasi seperti ojol menyebabkan kurangnya minat penumpang menggunakan angkot. Selama pandemi Covid-19 banyak angkot berhenti beroperasi karena sangat susah mendapatkan penumpang sehingga beberapa angkot putar balik menuju terminal pemberangkatan dan berakhir pulang kerja pada siang hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik pengemudi angkot LDH/G (2) mendeskripsikan karakteristik pengguna jasa LDH/G (3) mendeskripsikan kinerja operasional angkot LDH/G dan (4) mendeskripsikan tingkat pelayanan angkot LDH/G. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data karakteristik dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada pengemudi angkot dan pengguna jasa. Untuk tingkat pelayanan yaitu penyebaran kuesioner pada pengguna jasa angkot LDH/G yang diolah menggunakan Metode IPA dengan skala pengukuran yaitu skala Likert dan untuk kinerja operasional dilakukan dengan pendekatan survei lapangan (Statis dan Dinamis). Hasil penelitian memaparkan (1)Karakteristik pengemudi angkot 100% berjenis kelamin laki-laki usia mayoritas 51 ndash 65 tahun sebesar 75 8% Pendidikan terakhir 51 5% yaitu SD penghasilan pengemudi tertinggi 72 7% sebesar Rp. 30.000 - s/d Rp.100.000 perhari biaya bahan bakar mayoritas gt Rp.50.000 perhari sebesar 87 9% pengalaman mengemudi tertinggi 60 6% gt 30 tahun frekuensi perjalanan tertinggi 51 5% gt 3 rit/hari usia angkot mayoritas gt 20 tahun 57 6% status kepemilikan 75 8% sewa dengan tarif Rp.10.000 - s/d Rp.30.000 perhari sebesar 45 5%. (2)Karakteristik pengguna jasa 52 7% berjenis kelamin perempuan mayoritas usia gt 26 tahun sebesar 49 5% tingkat Pendidikan tertinggi 34 4% SMP/SLTP mayoritas pekerjaan 41 9% pelajar/mahasiswa penghasilan tertinggi 64 5% lt Rp.1.000.000 per bulan tujuan perjalanan 31 2% menuju rumah dengan maksud perjalanan pulang sebesar 31 2% frekuensi perjalanan mayoritas 3-6 kali dalam satu minggu sebesar 50 9%. (3)Kinerja operasional angkot LDH/G yang termasuk dalam kategori baik yaitu waktu antara rata-rata berkisar 2-11 menit waktu tempuh rata-rata 51 menit 11 detik dan waktu sirkulasi rata-rata 1 jam 28 menit 44 detik. (4)Tingkat pelayanan yang perlu diperbaiki yaitu aspek kenyamanan berupa ketersediaan fasilitas tempat sampah aspek protokol kesehatan adanya tanda silang (X) pada tempat duduk dan ketersediaan Hand sanitizer. Untuk tingkat pelayanan yang perlu dipertahankan yaitu pada aspek keamanan berupa identitas kendaraan dan adanya lampu aspek keselamatan berupa kelayakan kendaraan aspek kenyamanan kapastias penumpang dan adanya jendela aspek keterjangkauan berupa kesesuaian trayek kesesuaian tarif yang dibayarkan dan aspek protokol kesehatan berupa kewajiban pengguna jasa menggunakan masker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264838

Actions (login required)

View Item View Item