Analisis kinerja simpang bersinyal Jl. Soekarno Hatta, Jl. MT. Haryono, dan Jl. Mayjend Panjaitan menggunakan software ptv vissim 9 dan mkji 1997 / Rizki Ainurrohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja simpang bersinyal Jl. Soekarno Hatta, Jl. MT. Haryono, dan Jl. Mayjend Panjaitan menggunakan software ptv vissim 9 dan mkji 1997 / Rizki Ainurrohmah

Ainurrohmah, Rizki (2022) Analisis kinerja simpang bersinyal Jl. Soekarno Hatta, Jl. MT. Haryono, dan Jl. Mayjend Panjaitan menggunakan software ptv vissim 9 dan mkji 1997 / Rizki Ainurrohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi membuat kebutuhan masyarakat akan sarana dan prasarana transportasi juga semakin tinggi. Salah satu simpang yang selalu dipadati kendaraan dari berbagai arah terutama pada jam-jam sibuk pada hari kerja di Kota Malang adalah simpang Jl. Soekarno Hatta dikarenakan peningkatan volume kendaraan dari tahun ke tahun. Selain itu traffic light di simpang Jl. MT. Haryono telah dinonaktifkan dengan rekayasa lalu lintas pengendara yang akan ke Jl. Mayjend Panjaitan diharuskan putar balik di Jl. Soekarno Hatta terlebih dahulu. Hal ini menyebabkan antrian kendaraan tundaan dan kemacetan di Jl. Soekarno Hatta di jam-jam tertentu yang mengakibatkan waktu perjalanan semakin lama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil evaluasi kinerja simpang bersinyal software PTV Vissim 9 dan MKJI 1997 (2) mendeskripsikan kinerja simpang bersinyal 5 tahun yang akan datang (3) merencanakan solusi alternatif terhadap masalah yang terjadi di simpang bersinyal pada kondisi eksisting. Metode penelitian ini mengacu pada analisis MKJI 1997 dan PTV Vissim 9 yang digunakan untuk mendapatkan kondisi eksisting terjenuh yang mana nantinya akan digunakan untuk menjadi acuan untuk perhitungan prediksi kinerja simpang 5 tahun mendatang dan menjadi acuan dalam merencanakan solusi alternatif yang memungkinkan untuk meningkatkan kinerja simpang bersinyal tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) kinerja kondisi eksisting sangat jenuh dimana pada simpang Jl. Soekarno Hatta nilai DS 0 945 sedangkan Jl. Mayjen Panjaitan nilai DS 0 945. Tundaan rata-rata sebesar 36 75 det/smp kategori D. Perhitungan Vissim diperoleh 62 58 det/kend dengan kategori E. (2) Prediksi kinerja simpang pada tahun ke-5 diperoleh nilai tundaan sebesar 37 51 det/smp kategori D untuk kondisi eksisting. (3) Solusi alternatif yang memungkinkan untuk meningkatkan kinerja simpang antara lain alternatif 2 penambahan fase gerakan dan pelebaran jalan dengan nilai DS 0 872 untuk semua pendekat tundaan rata-rata 22 97 det/smp kategori C. Perhitungan Vissim diperoleh 72 64 det/kend dengan kategori E. Alternatif 4 penambahan underpass dengan nilai DS 0 879 untuk semua pendekat tundaan rata-rata sebesar 22 77 det/smp kategori C. Prediksi kinerja tahun ke-5 diperoleh nilai tundaan 23 32 det/smp kategori C untuk alternatif 2 dan 22 90 det/smp kategori C untuk alternatif 4. Diketahui bahwa solusi alternatif 4 memungkinkan untuk meningkatkan kinerja simpang bersinyal hal ini dapat dilihat pada tundaan yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264837

Actions (login required)

View Item View Item