Identifikasi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Raya Kebonagung km.94+000 - Jalan Ahmad Yani Kepanjen km.107+000 Kabupaten Malang / Afifatur Rodhiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Raya Kebonagung km.94+000 - Jalan Ahmad Yani Kepanjen km.107+000 Kabupaten Malang / Afifatur Rodhiyah

Rodhiyah, Afifatur (2022) Identifikasi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Raya Kebonagung km.94+000 - Jalan Ahmad Yani Kepanjen km.107+000 Kabupaten Malang / Afifatur Rodhiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ruas jalan raya Kebonagung km 94 000 ndash jalan Ahmad Yani Kepanjen km 107 000 Kabupaten Malang menurut data yang didapatkan dari Satlantas Poli Wilayah Kabupaten Malang pada tahun 2015-2020 angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi cukup tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik kecelakaan lalu lintas mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dan menentukan daerah rawan kecelakaan lalu lintas. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yang bertujuan memberikan gambaran data-data yang diperlukan. Data yang dibutuhkan berupa data sekunder dan data primer. Data sekunder meliputi data jumlah kecelakaan dan data penyebab kecelakaan mulai tahun 2015-2020 yang meliputi usia korban jenis kelamin korban tingkat keparahan waktu hari jenis tabrakan jenis kendaraan dan kerugian material. Dan data primer meliputi data panjang ruas jalan dan volume lalu lintas harian rata-rata (VLHR). Berdasarkan hasil analisis mulai dari tahun 2015-2020 diketahui bahwa total kecelakaan yang terjadi sejumlah 278 kejadian berdasarkan usia yang paling banyak yaitu 26-35 tahun sejumlah 39% berdasarkan jenis kelamin yang paling banyak adalah laki-laki sejumlah 62% berdasarkan jenis luka yang tertinggi adalah luka ringan sejumlah 80% berdasarkan waktu yang paling banyak ada pada pukul 08.01-09.00 WIB sejumlah 9% berdasarkan hari yang paling banyak adalah hari sabtu sejumlah 18% berdasarkan jenis kendaraan yang banyak terlibat yaitu sepeda motor sejumlah 64% kerugian material selama kurun waktu 6 tahun sejumlah Rp.149.100.000 00 faktor penyebab yang paling dominan adalah manusia sejumlah 91% berdasarkan faktor manusia yang paling tinggi adalah faktor kurang waspada sejumlah 79% berdasarkan faktor kendaraan yang paling tinggi adalah faktor mati mesin sejumlah 33% berdasarkan faktor jalan yang paling tinggi adalah jalan berlubang sejumlah 86% jam puncak (peak hours) pada hari Sabtu yaitu pukul 07.00-08.00 WIB dengan total volume kendaraan 13.139 smp/jam dan hari Senin diketahui jam puncak pada pukul 07.00-08.00 WIB dengan total volume kendaraan 14.772 smp/jam dan hasil analisis daerah rawan kecelakaan pada km 99 000-100 000 didapatkan TK 589 dan FR 402 lebih besar dari batas control atas UCL 378.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264827

Actions (login required)

View Item View Item