Analisis karakteristik dan kebutuhan ruang parkir Pasar Rakyat di Kota Malang / Satria Melga Utama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis karakteristik dan kebutuhan ruang parkir Pasar Rakyat di Kota Malang / Satria Melga Utama

Utama, Satria Melga (2022) Analisis karakteristik dan kebutuhan ruang parkir Pasar Rakyat di Kota Malang / Satria Melga Utama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasar Rakyat merupakan salah satu fasilitas yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Pada beberapa Pasar Rakyat di Kota Malang (Pasar Oro-Oro Dowo Pasar Klojen dan Pasar Bunulrejo) memiliki permasalahan mengenai keterbatasan lahan parkir yang menyebabkan parkir liar. Hal ini menimbulkan berkurangnya kapasitas jalan dan menghambat laju pergerakan kendaraan sehingga berpotensi menyebabkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan karakteristik pedagang dan konsumen (2) mendeskripsikan karakteristik parkir (3) mendeskripsikan kebutuhan dan penataan pola parkir pada masing-masing pasar. Rancangan penelitian dimulai dari identifikasi masalah di lapangan studi literatur terkait topik penelitian pengumpulan data primer dengan metode kuesioner untuk karakteristik pedagang dan konsumen serta metode survei untuk karakteristik parkir sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan (1) pedagang dan konsumen memiliki karakteristik dominan berusia 31-60 tahun sebesar 34% berjenis kelamin perempuan sebesar 62% bertingkat pendidikan SMA untuk pedagang sebesar 41% dan Sarjana untuk konsumen sebesar 35% jenis barang jual berupa sayur dan ikan sebesar 32% jenis barang yang dibeli berupa sayur dan sembako sebesar 30% berdurasi dagang selama 5-8 jam sebesar 71% berdurasi kunjung 5-30 menit sebesar 53% dan berjenis kendaraan sepeda motor sebesar 65% (2) karakteristik parkir meliputi volume tertinggi motor 915 kendaraan dan mobil 326 kendaraan akumulasi maksimum motor terjadi pukul 07.45-08.45 WIB mencapai 171 kendaraan dan mobil pada pukul 09.00-11.00 WIB mencapai 49 kendaraan durasi parkir dominan jangka panjang untuk pedagang dan jangka pendek untuk konsumen angka pergantian parkir rata-rata harian motor 5 kend/SRP dan mobil 8 07 kend/SRP indeks parkir tertinggi motor 122 % dan mobil 192 % (3) terjadi kekurangan parkir pada Pasar Oro-Oro Dowo sebanyak 16 SRP motor dan 23 SRP mobil dan dibutuhkan lahan seluas 36 m sup2 dengan desain off street parking pola dua sisi sudut 90 untuk tambahan parkir motor dan 420 m sup2 dengan desain off street parking pola satu sisi sudut 90 untuk tambahan parkir mobil. Pasar Klojen terjadi kekurangan 9 SRP motor dan 8 SRP mobil dan penatan parkir digunakan desain off street parking dengan kebutuhan lahan seluas 121 m sup2 dengan pola dua sisi dan sudut 90 untuk motor dan lahan seluas 360 m sup2 dengan pola satu sisi sudut 90 untuk mobil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 01:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264824

Actions (login required)

View Item View Item