Analisis kinerja campuran perkerasan asphalt concrete-wearing course (ac-wc) dengan menggunakan bahan tambahan asbuton b 50/30 terhadap parameter marshall / ILVERNIA WASIATUR ROHMA - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja campuran perkerasan asphalt concrete-wearing course (ac-wc) dengan menggunakan bahan tambahan asbuton b 50/30 terhadap parameter marshall / ILVERNIA WASIATUR ROHMA

Rohma, Ilvernia Wasiatur Rohma (2022) Analisis kinerja campuran perkerasan asphalt concrete-wearing course (ac-wc) dengan menggunakan bahan tambahan asbuton b 50/30 terhadap parameter marshall / ILVERNIA WASIATUR ROHMA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkerasan jalan merupakan unsur konstruksi jalan raya yang penting dalam kelancaran lalu lintas. Jenis perkerasan dari lapisan aspal beton yang terletak dibagian atas berdasarkan susunan perkerasan aspal adalah AC-WC atau lapis aus untuk permukaan jalan. Tiap tahunnya Indonesia membutuhkan aspal hingga 1 6 juta ton dikarenakan banyaknya kerusakan jalan yang butuh dilakukan perbaikan berulang. Namun PT. Pertamina baru mampu memenuhi sebesar 30% untuk sisanya melakukan impor aspal. Untuk mencari alternatif penggunaan bahan utama berupa aspal diambil dari sumber daya alam lokal yaitu asbuton. Asbuton bisa menjadi alternatif ditinjau dari kandungannya yang relatif lebih baik Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kinerja campuran AC-WC dengan menggunakan asbuton B 50/30. Mendapatkan kadar optimum asbuton B50/30. Tahapan rancangan penelitian yaitu (1) studi pustaka (2) pemeriksaan dan pengujian sampel pembuatan campuran yaitu berupa aspal agregat dan asbuton sesuai standar spesifikasi (3) pembuatan benda uji untuk mencari Kadar Aspal Optimum (KAO) (4) pembuatan benda uji dengan variasi asbuton B 50/30 sebagai bahan tambah aspal dengan variasi LGA 5% 6 5% 8% 9 5% 11% dari KAO (5) analisis hasil pengujian. Penelitian ini menggunakan parameter Marshall sesuai spesifikasi Bina Marga 2018 Revisi 2. Hasil penelitian kemudian diolah menggunakan software Microsoft Excel dan di analisa secara grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik Marshall Test dengan menggunakan bahan tambah asbuton B 50/30 adalah Stabilitas mengalami kenaikan seiring bertambahnya LGA hingga mencapai suatu nilai optimum dan ketika kandungan kadar LGA melewati batas optimum maka secara perlahan nilai stabilitas juga menurun dan didapat nilai stabiltas pada kondisi optimum sebesar 1000 25 kg Flow semakin meningkat seiring meningkatnya kadar LGA didapat nilai flow pada kadar optimum asbuton sebesar 3 78 mm MQ mengalami kenaikan seiring bertambahnya LGA hingga mencapai suatu nilai optimum dan ketika kandungan kadar LGA melewati batas optimum maka secara perlahan nilai MQ juga menurun dan didapat nilai stabiltas pada kondisi optimum sebesar 266 55 kg/mm VIM 4 68% VMA 14 16% dan VFB 66 98%. Serta didapatkan kadar optimum asbuton B 50/30 sebesar 5 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264820

Actions (login required)

View Item View Item