Analisis sifat termofisik pelumas 5w-30 dengan tambahan nanomaterial al2o3, tio2, dan hybrid al2o3/tio2 menggunakan surfaktan oleic acid terhadap performa sepeda motor honda beat / Yegita Adi Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sifat termofisik pelumas 5w-30 dengan tambahan nanomaterial al2o3, tio2, dan hybrid al2o3/tio2 menggunakan surfaktan oleic acid terhadap performa sepeda motor honda beat / Yegita Adi Prasetyo

Prasetyo, Yegita Adi (2022) Analisis sifat termofisik pelumas 5w-30 dengan tambahan nanomaterial al2o3, tio2, dan hybrid al2o3/tio2 menggunakan surfaktan oleic acid terhadap performa sepeda motor honda beat / Yegita Adi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meningkatnya populasi sepeda motor berbanding lurus terhadap meningkatnya kebutuhan akan pelumas. Selain mencegah keausan pelumas melakukan beberapa fungsi penting diantaranya mengurangi gesekan pembuangan panas penyegelan area kritis dan berbagai sifat penting lainnya guna menjaga performa sepeda motor tetap optimal. Pemilihan pelumas dilakukan dengan cara menyesuaikan kebutuhan sepeda motor dengan spesifikasi pelumas yang dapat diidentifikasi bedasarkan sifat termofisik. Peningkatan kualitas sifat termofisik pada sebuah pelumas dapat menghasilkan kinerja pelumasan yang unggul pada sepeda motor. Sifat termofisik pada sebuah fluida dasar dapat ditingkatkan dengan menambahkan nanopartikel dan dalam penelitian ini disebut dengan nanolubricant. Nanopartikel (Al2O3 dan TiO2) adalah yang paling sesuai untuk aplikasi pelumas karena sifat tribologi kimia dan termalnya yang sangat baik. Stabilitas menjadi tantangan serius dalam pendispersasian nanopartikel dalam pelumas dasar karena suspensi nanopartikel menunjukkan kecenderungan aglomerasi. Aglomerasi nanopartikel dapat ditangani dengan menambahkan surfaktan Oleic Acid untuk membubarkan nanopartikel sehingga dapat dapat membentuk suspensi yang lebih stabil Nanolubricant pada penelitian ini disintesis menggunakan pelumas SAE 5W-30 dengan tambahan nanopartikel Al2O3 TiO2 dan hybrid Al2O3/TiO2 sebesar 0.5% serta Oleic Acid sebesar 10%. Tahapan penelitian dimulai dengan karakterterisasi SEM-EDX XRD dan FTIR terhadap nanopartikel Al2O3 dan TiO2. Sintesis nanolubricant dilakukan dengan bantuan proses stiring selama 4 jam menggunakan kecepatan 1000 rpm. Pengujian stabilitas serta sifat termofisik meliputi massa jenis viskositas dinamik dan konduktivitas termal dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan nanopartikel dan surfaktan terdahap pelumas SAE 5W-30. Pengaruh penggunaan nanolubricant terhadap performa sepeda motor Honda Beat meliputi torsi dan daya diuji menggunakan bantuan dyno test. Bedasarkan hasil pengujian kemudian didapatkan bahwa nanolubricant memiliki suspensi yang stabil dalam kurun waktu 4 hari dan sifat termofisik nanolubricant meningkat hingga 751.7 kg/m3 pada nilai massa jenis 0.06863 Pa.s pada nilai viskositas dinamik serta 0.145 W/m.K pada nilai konduktivitas termal. Sedangkan pada pengujian performa kendaraan didapatkan peningkatan hingga 8.24 N.m pada nilai torsi dan 11.05 HP pada nilai daya. Nanolubricant dengan tambahan nanopartikel hybrid (TiO2/Al2O3) dan surfaktan Oleic Acid menjadi kombinasi paling baik dalam meningkatkan performa sepeda motor Honda Beat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264816

Actions (login required)

View Item View Item