Optimasi desain steering knuckle suzuki carry menggunakan optimasi topologi / M. Rohman Hofiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi desain steering knuckle suzuki carry menggunakan optimasi topologi / M. Rohman Hofiri

Hofiri, M. Rohman (2022) Optimasi desain steering knuckle suzuki carry menggunakan optimasi topologi / M. Rohman Hofiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia tercatat sebagai industri manufaktur mobil terbesar kedua di Asia Tenggara. Industri otomotif juga merupakan salah satu yang diprioritaskan pengembangannya oleh pemerintah. Hal ini menjadikan industri otomotif sebagai salah satu pionir penerapan revolusi industri ke empat yang diharapkan tak hanya mampu melayani pasar domestik namun juga merambah pasar regional dan global. Diketahui ekspansi industri otomotif nasional ke pasar global belakangan ini dihadapkan pada isu lingkungan dan energi yakni kepedulian terhadap konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang. Emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar sendiri berbanding lurus dengan pengurangan bobot kendaraan. Pengurangan bobot kendaraan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang sedikit dan tentunya berdampak pada penuruan emisi gas buang. Hal ini menyebabkan penurunan bobot kendaraan menjadi perhatian utama dalam industri otomotif di Indonesia. Tantangannya adalah memproduksi komponen dengan bobot yang ringan namun pada saat yang sama tetap mempertimbangkan aspek kualitas dan fungsionalitas komponen. Salah satu komponen terpenting dalam kendaraan roda empat ialah sistem suspensi yang secara langsung berdampak pada performa kenyamanan dan faktor keselamatan. Sistem suspensi sendiri terdiri dari beberapa komponen yakni spring shock absorber upper bearing control arm ball joint dan steering knuckle. Berdasarkan Indonesian Automobile Industry Data (2021) penjualan kendaraan roda empat terbanyak pada penjualan bulan januari s/d Oktober 2021 yaitu Suzuki New Carry PU FD sebanyak 33 651 unit. Data tersebut menjadi landasan penulis dalam menjadikan steering knuckle Suzuki New Carry PU FD sebagai objek penelitian. Diketahui bahwa steering knuckle memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan komponen sistem suspensi lainnya sehingga dapat memberikan dampak yang lebih besar dalam mengurangi berat keseluruhan kendaraan. Penelitian ini menggunakan metode optimasi topologi dalam pengurangan bobot steering knuckle. Metode ini bertujuan untuk mengurangi bobot secara optimal dengan tetap mempertimbangkan kinerja struktur dan fungsionalitas komponen. Desain optimum steering knuckle hasil optimasi topologi menghasilkan penurunan massa dari 4 0283 kg menjadi 2 892 atau sebesar 28 19%. Penurunan massa tersebut juga menyebabkan penurunan kekuatan struktur pada steering knuckle. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai tegangan von mises yang awalnya 106 47 MPa menjadi 173 99 MPa dan nilai faktor keamanan dari 4 8323 menjadi 2 957. Peningkatan nilai tegangan dan penurunan nilai faktor keamanan tersebut masih memenuhi nilai constraint yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264805

Actions (login required)

View Item View Item