Studi morfologi vegatatif dan spora tumbuhan paku di wilayah Universitas Negeri Malang / Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi morfologi vegatatif dan spora tumbuhan paku di wilayah Universitas Negeri Malang / Novita Sari

Sari, Novita (2012) Studi morfologi vegatatif dan spora tumbuhan paku di wilayah Universitas Negeri Malang / Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Morfologi Vegetatif Tumbuhan Paku Spora Universitas Negeri Malang Tumbuhan paku memiliki morfologi vegetatif yang menarik. Tumbuhan ini memiliki ukuran dan penampilan khas tetapi kurang mendapat perhatian dari mahasiswa karena (1) tumbuhan paku di Universitas Negeri Malang sebagian be-sar tumbuh secara epifit dipohon sehingga tidak terlihat secara langsung (2) spora dan sporangium berukuran kecil sehingga sulit diamati secara langsung. Kampus Universitas Negeri Malang terletak di ketinggian 450 dpl yang memungkinkan ditemukan berbagai tumbuhan paku. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Juli 2012. Pengambilan spesimen tumbuhan paku di wilayah Universitas Negeri Malang dengan metode jelajah bebas. Spesimen yang diteliti adalah tumbuhan paku yang saat penelitian menghasilkan spora. Tujuan penelitian untuk (1) mengetahui keanekaragaman tumbuhan paku di kampus UM (2) mengetahui ciri morfologi vegetatif dan spora (3) menyediakan kunci untuk mengenal spesies tumbuhan paku yang ditemukan di kampus UM. Hasil dari penelitian didapatkan 16 spesies tumbuhan paku dalam 7 suku dan 13 marga. Variasi morfologi meliputi morfologi daun letak sorus dan susunan sporangium. Spora tumbuhan paku yang ditemukan berbentuk segitiga bulat dan cembung. Ukuran spora berkisar 10 6 956 m-58 2 956 m berornamentasi ekinat retikulatus ekinat dengan sayap psilat dan verukat sedangkan tipe apertura trilet monolet monoporat. Kunci identifikasi berdasarkan ciri khusus morfologi vegetatif dan spora. Berdasarkan hasil observasi saat penelitian tidak semua tumbuhan paku membentuk spora sehingga disarankan untuk diteliti lebih lanjut. Ciri yang diamati digunakan untuk kepentingan identifikasi bukan ciri untuk menentukan kekerabatan sehingga disarankan untuk diteliti kekerabatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26476

Actions (login required)

View Item View Item