Peranan tenaga kerja, modal, dan teknologi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa / Revan Ilyaza - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan tenaga kerja, modal, dan teknologi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa / Revan Ilyaza

Ilyaza, Revan (2022) Peranan tenaga kerja, modal, dan teknologi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa / Revan Ilyaza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendapatan masyarakat nelayan masih menjadi polemik yang belum terselesaikan. Pendapatan nelayan sangat ditentukan oleh tingkat tangkapan. Ketika tingkat tangkapan banyak maka nelayan bisa mendapatkan pendapatan yang lebih besar. Fakta hari ini masih menunjukan bahwa tingkat tangkapan oleh nelayan masih sangat sedikit. Sehingga pendapatan yang diterima pun sangat kecil. Ketika hal tersebut terus dibiarkan maka jangan pernah berharap bahwa masyarakat nelayan bisa menjadi masyarakat yang kelas kehidupannya bisa meningkat. Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang peranan tenaga kerja modal dan teknologi dalam peningkatan pendapatan nelayan di desa. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (Library Research). Pada penelitian studi kepustakaan ini menelaah artikel dan jurnal ilmiah yang berkaitan dengan variabel-variabel yang akan diteliti yakni mengenai tenaga kerja modal teknologi dan pendapatan nelayan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa tenaga kerja modal dan teknologi merupakan faktor-faktor yang memiliki peranan dalam peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di desa. Ketika nelayan memiliki tenaga kerja yang banyak modal yang besar dan mampu menggunakan teknologi tangkapan secara tepat maka memungkinkan hasil tangkapan dapat lebih banyak sehingga berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan nelayan di desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264609

Actions (login required)

View Item View Item