Eksistensi environmental kuznets curve pada masa SDGS: studi provinsi-provinsi pulau Jawa / Mochammad Daffa Ibrahim - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksistensi environmental kuznets curve pada masa SDGS: studi provinsi-provinsi pulau Jawa / Mochammad Daffa Ibrahim

Ibrahim, Mochammad Daffa (2022) Eksistensi environmental kuznets curve pada masa SDGS: studi provinsi-provinsi pulau Jawa / Mochammad Daffa Ibrahim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perdebatan tentang pertumbuhan ekonomi sebagai pemicu atau solusi kerusakan lingkungan menjadi motor penggerak penelitian ini. Environmental Kuznets Curve (EKC) mencoba menjelaskan hubungan terbalik berbentuk U antara ekonomi dan lingkungan. Penelitian ini tidak hanya mengkaji hubungan terbalik berbentuk U tetapi juga apakah terdapat EKC tahap lanjut yang membentuk kurva menyerupai huruf N di Jawa. Penelitian ini menggunakan model regresi data panel dengan emisi CO2 sebagai indikator lingkungan dan PDB per kapita sebagai indikator ekonomi. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka pendek pertumbuhan pendapatan per kapita menyebabkan kerusakan lingkungan. Namun hubungan ini berbeda dalam jangka panjang dan akhirnya membentuk kurva berbentuk N. Keberadaan EKC berbentuk N terdeteksi tetapi tidak signifikan. Hubungan antara tingkat pertumbuhan penduduk ketimpangan pendapatan dan Sustainable Development Goals (SDGs) dengan emisi CO2 serta titik balik EKC juga diselidiki dalam penelitian ini. Hasil penelitian tersebut antara lain EKC berbentuk N yang terdeteksi di Pulau Jawa dengan titik balik pertama sebesar Rp. 154.297.936 dan titik balik kedua sebesar Rp. 1.136.629.791. Laju pertumbuhan penduduk terbukti tidak mempengaruhi emisi CO2 berbeda dengan ketimpangan pendapatan dan kesepakatan SDGs yang mempengaruhi emisi CO2 di Jawa. Meningkatkan kesadaran masyarakat memperhatikan penggunaan energi menginisiasi inovasi teknologi dan menegakkan kebijakan pro lingkungan direkomendasikan untuk diterapkan di Jawa dan di seluruh Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264600

Actions (login required)

View Item View Item